Kompas.com - 29/06/2012, 08:20 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com - Sore-sore memang enak banget kalo ngemil martabak, mau martabak manis maupun telor, dua-duanya tetap enak. Tapi kali ini kami ingin mencoba martabak yang sangat terkenal di Kota Bogor. Salah seorang anggota keluarga kami yang tinggal di Bogor sangat merekomendasikan martabak satu ini, makanya mumpung kami sedang di Bogor kami harus mencobanya.

Namanya adalah Martabak Fatmawati, ada banyak cabangnya di Bogor. Dan sore itu kami berkunjung ke salah satu cabangnya yang ada di Jalan Kedung Halang no 61 Bogor. Sebelah Apotek Sehat. Katanya sih yang terfavorit di situ adalah martabak durian, tapi sayang banget hari itu mereka tidak sedang stok durian, jadi tidak jual martabak durian hari itu. Yahh... kecewa deh. Belum lagi petugas bagian kasir tidak terlalu welcome melayani kami. Tapi tidak apa-apa, berhubung katanya martabaknya enak, kami pun tidak mempermasalahkan sikapnya, he he...

Akhirnya kami pesan martabak unyil karena ini juga merupakan menu favorit di Martabak Fatmawati. Kami pesan unyil keju nangka dan unyil kacang cokelat wijen. Tidak hanya itu, kami juga pesan tipis kacang cokelat wijen, asin tuna balado, dan asin corned. Yup, banyak banget, karena ini disantap beramai-ramai sekeluarga.

Sambil menunggu, kami melihat proses pembuatan martabak unyil. Cetakannya memang sangat mungil, dan tidak setebal martabak manis besarnya. Setelah semua pesanan kami jadi, kami langsung menyerbunya, he-he... mumpung masih panas.

Yang menarik perhatian saya adalah unyil keju nangka. Gigitan pertama benar-benar membuat saya jatuh cinta. Enak banget! Tidak terlalu tebal martabaknya, tapi justru itu yang membuat enak, tidak eneg sama sekali. Campuran keju, nangka, susu, dan mentega sebagai topingnya benar-benar mantap.

Sementara unyil kacang cokelat wijen juga sama enaknya. Untuk martabak unyil ini harganya berkisar dari Rp 12.500 sampai Rp 20.000. Harga tergantung jenis mentega yang kita pilih, ada mentega ala Fatmawati, mentega Meadow Lea non Cholesterol, dan Wisman. Wah teman-teman kalau ke Bogor harus mencoba martabak unyil ini, enak banget!

Yang asin juga tidak boleh ketinggalan untuk dicoba. Bisa dipilih mau 2 telor, 3 telor, atau 4 telor. Ada telor ayam maupun telor bebek. Tentu saja harganya berbeda. Martabak asin tuna balado yang kami pesan ini memang enaknya disantap dalam keadaan panas, daging ikan tuna balado-nya tercampur dengan telor ayam dan daun bawang, yummy...enak lho. Ada rasa spicy sedikit, tapi tidak terlalu pedas kok. Kalau Anda tidak mau yang ada rasa pedasnya sama sekali, bisa pilih yang corned. Ini juga dijamin enak, gurih dan mantap! Untuk martabak asin, harganya berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 41.000.

Hmm... sayang banget nggak sempet mencoba martabak durian, semoga lain waktu kami bisa mencoba martabak manis durian ala Fatmawati ini. Mulai sekarang, buat kami, martabak Fatmawati masuk dalam salah satu tempat yang harus dituju kalau wisata kuliner ke Bogor. Terutama yang martabak unyil. Mantap!! (Ita)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.