Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mikoshi Diarak Keliling Melawai

Kompas.com - 30/06/2012, 11:14 WIB
Vitalis Yogi Trisna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Festival kebudayaan Ennichisai akan kembali digelar untuk kali ketiga di area sekitar Melawai, Jakarta Selatan, Sabtu (30/6/2012). Seperti tahun sebelumnya, acara ini menampilkan cosplay, bazar, dan puncaknya adalah arak-arak Mikoshi.

"Mikoshi sendiri merupakan ritual yang biasa dilakukan oleh penganut agama Shinto," ujar Hirano Hidekatzu, panitia acara yang ditemui ketika persiapan acara. Shinto merupakan kepercayaan mayoritas penduduk Jepang.

Dengan bentuk seperti ogoh-ogoh, Mikoshi nantinya akan diarak memutari area festival. "Mikoshi di Jepang memang biasa disambut meriah oleh warga Jepang. Kalau di Jakarta seperti Lebaran," tambah pria Jepang itu.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Ennichisai, sebuah komunitas masyarakat Jepang di Indonesia. Melawai selama ini memang dikenal sebagai "Little Tokyo" sehingga membuat mereka berinisiatif membuat festival kebudayaan Jepang di tempat ini.

Acara Ennichisai tahun ini rencananya juga akan didatangi calon gubernur petahana, Fauzi Bowo. Kedatangannya dalam rangka melakukan kampanye jelang Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com