Kompas.com - 20/07/2012, 18:59 WIB
Penulis Luki Aulia
|
EditorNasru Alam Aziz

LABUAN BAJO, KOMPAS.com -- Pariwisata di Pulau Komodo dan Flores, Nusa Tenggara Timur, secara umum kian berkembang. Jumlah wisatawan dalam negeri maupun luar negeri rata-rata naik setiap tahun. Namun hal itu tidak dibarengi dengan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata yang memadai.

Hal itu mengemuka dalam diskusi antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dengan para pemangku kepentingan bidang terkait di wilayah Flores, Jumat (20/7/2012) di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores.

"Butuh SDM yang punya skill hospitality. Pelatihan hospitality itu seharusnya tidak sulit dan mencari pekerjaannya juga relatif mudah di daerah tujuan wisata," kata Mari.

Untuk meningkatkan kualitas SDM yang dibutuhkan perlu jenjang pendidikan khusus yang bisa dipenuhi dari sekolah menengah kejuruan dan sekolah tinggi pariwisata. Untuk itu Mari akan meminta bantuan dan kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk bisa membuka SMK atau program studi khusus pariwisata di Flores. "Kalau tidak SMK, bisa sekolah tinggi atau program D1, D2, atau D3 Pariwisata," ujar Mari.

Ketua Presidium Destination Management Organization (DMO) Flores Jachobus Mbira berharap ada jenjang pendidikan tinggi untuk bidang pariwisata dalam bentuk sekolah tinggi. Pasalnya, saat ini paling tidak sudah ada tiga SMK bidang pariwisata.

"Ini cara untuk meningkatkan kualitas kompetensi SDM kita. Ini investasi jangka panjang," kata Jachobus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.