Kompas.com - 23/07/2012, 22:26 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Toilet umum bersih khususnya yang berada di Taman Rekreasi Buatan pada tahun ini akan dianugerahi penghargaan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai salah satu upaya untuk mendongkrak minat wisatawan.

"Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan 2012 dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan meningkatan motivasi kepada Pengelola Taman Rekreasi," kata Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenparekraf, Firmansyah Rahim, dalam jumpa pers tentang kegiatan pemberian penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (23/7/2012) malam.

Menurut Firmansyah, hal itu dalam rangka mewujudkan Sadar Wisata dan menerapkan unsur Sapta Pesona yaitu: Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan.

Firmansyah mengatakan, pemberian penghargaan tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan citra destinasi pariwisata serta mutu produk dan mutu pelayanan pengelolaan toilet yang ada di Taman Rekreasi Buatan sebagai cermin budaya dan jati diri masyarakat di Indonesia.

Pemberian penghargaan untuk toilet bersih sendiri merupakan kelanjutan dari Penghargaan Toilet Umum Bersih di Bandara, Museum, dan Kebun Binatang yang telah  terlaksana sejak 2007.

"Untuk kegiatan penilaian Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan 2012 mulai dilaksanakan pada 14 Mei hingga 9 September 2012 di 16 provinsi dengan jumlah 62 Taman Rekreasi Buatan," katanya.

Sedangkan untuk pemberian Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan 2012 akan dilaksanakan di Jakarta pada 27 September 2012 bertepatan dengan peringatan Hari Pariwisata Dunia.

Sejumlah Dewan Juri untuk kegiatan Penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan 2012 terdiri atas Naning S. Adiwoso (Ketua Asosiasi Toilet Indonesia/ATI), Eni Budiardjo (Asosiasi Toilet Indonesia/ATI), Sudaryatmo (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia/YLKI).

Selain itu Gunawan Wibisono (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi/PUTRI), Hasanuddin Harahap (Asosiasi Pengusaha Hiburan Indonesia/ASPEHINDO), Hawwid Raden (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia/GIPI), Hilda Sabri (Media Bisnis Indonesia), Nani Sumaryati (Pemerhati Toilet Indonesia), dan Titiek Ediati (Pemerhati Toilet Indonesia).

Firmansyah berharap dengan adanya pemberian Penghargaan Toilet Umum Bersih di Taman Rekreasi Buatan maka akan mendorong masyarakat untuk lebih peduli dalam menggunakan Toilet Umum.

"Dan kepada para pengelola toilet dituntut agar selalu merawat dan menjaga kebersihan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Ini semua demi destinasi pariwisata yang lebih baik agar mampu mendongkrak minat wisatawan terhadap destinasi pariwisata di Indonesia," papar Firmansyah Rahim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.