Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo dan Yogyakarta Jadi Tujuan Favorit Pemudik

Kompas.com - 17/08/2012, 15:57 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah hanya tinggal hitungan hari lagi. Sebagian warga Jakarta telah meninggalkan ibukota untuk berjumpa dengan sanak saudara di kampung halaman.

Yogyakarta dan Solo menjadi kota yang paling laku dituju oleh pemudik dengan angkutan kereta api. Senior Manajer Humas PT KAI Daop I, Mateta Rijalulhaq, mengatakan bahwa tiket kereta api eksekutif yang mulai dipesan sejak 90 hari keberangkatan untuk tujuan Solo dan Yogyakarta memang paling cepat habis terjual.

"Cirebon juga banyak terjual. Hanya saja pada jam-jam tertentu. Karena untuk Cirebon Ekspress, jumlah perjalanannya cukup banyak," kata Mateta saat dijumpai di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (17/8/2012).

Berdasarkan data dari PT KAI, beberapa kereta yang melayani perjalanan ke Solo, Yogyakarta dan Malang, tidak menyisakan bangku kosong. Seperti Argo Dwipangga reguler (Gambir-Solo) yang berangkat pukul 08.00 pagi, dari 350 kursi semuanya terjual habis baik untuk keberangkatan Kamis (16/8/2012) maupun Jumat (17/8/2012) ini. Bahkan Argo Dwipangga khusus Lebaran yang berangkat pada pukul 09.10 pagi juga terisi penuh.

Selanjutnya, Taksaka (Gambir-Yogyakarta) dengan kapasitas 400 penumpang juga terisi penuh baik keberangkatan pagi maupun malam. Kemudian Argo Lawu (Gambir-Solo) yang berangkat pada pukul 20.00 WIB dengan kapasitas 350 tempat duduk juga terisi penuh. Begitu pula dengan kereta Argo Lawu Lebaran yang berangkat pada pukul 21.05 WIB juga penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com