Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Pesepeda Motor Jubeli Bakauheni

Kompas.com - 23/08/2012, 17:53 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

KALIANDA, KOMPAS.com- Selain pejalan kaki, arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung, dua hari terakhir didominasi pesepeda motor. Sepeda motor terus menjadi pilihan mudik karena murah dan lebih cepat dibandingkan transportasi umum, misalnya bus.

Seperti terpantau Kamis (23/8/2012), sejumlah dermaga antara lain Dermaga I, II dan III dipadati pesepeda motor yang hendak menyeberang kembali ke Pulau Jawa, khususnya Jakarta dan sekitarnya.

Berdasarkan data Posko Lebaran PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, sepanjang Rabu (22/8/2012) kemarin, tercatat 7.719 sepeda motor yang melintas di Bakauheni. Sementara, sebagai bandingan, hanya 7.101 mobil yang melintas. Hari ini, jumlah sepeda motor yang melintas diperkirakan lebih banyak, bisa mencapai 9.000 unit.

Menurut Ny. Lisa (43), pemudik bersepeda motor asal Lampung Utara, mudik dengan sepeda motor lebih murah dan cepat. Wanita ini sendirian mengendarai sepeda motor pergi pulang dari Tangerang ke Lampung Utara.

"Anak-anak saya lebih dulu pulang naik kendaraan umum. Saya nyusul naik sepeda motor saja. Sudah biasa menyetir sendiri," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com