Menikmati Pesona Kelimutu

Kompas.com - 26/08/2012, 09:37 WIB
EditorI Made Asdhiana

Oleh Samuel Oktora

KENANGAN manis Danau Kelimutu di hari yang suci langit biru bening tanpa noda membentang membuat pesona danau tiga warna itu, Minggu (19/8/2012), di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, sungguh memikat. Kuatnya sinar mentari yang memancar hari itu pun serasa tak menyakiti kulit.

Udara bersih dan sejuk bebas terhirup, disertai sayup-sayup nyanyian alam nan merdu terdengar dari cemara yang meliuk-liuk ditiup angin.

Nunung Purwati dan Laila Aminah, siswi SMA Muhammadiyah Ende, tak bosan memandangi salah satu kawah Danau Kelimutu, yakni Tiwu Nua Muri Koo Fai. Keduanya berfoto menggunakan telepon seluler di depan danau kawah tersebut.

”Warnanya unik sekali, biasanya berwarna hijau muda menyala, tapi sekarang hijau muda keputih-putihan,” kata Laila Aminah, yang hari itu bersama teman dan keluarganya mengisi libur pertama Lebaran ke Danau Kelimutu, yang terletak 54 kilometer dari kota Ende.

Agus Sugiono, karyawan pabrik roti di Ende, yang hari itu juga mengunjungi danau tersebut tak dapat menyembunyikan rasa senangnya.

”Melihat indahnya alam di sini membuat pikiran tidak stres,” kata Agus, yang datang bersama 17 temannya.

Pengunjung yang menyaksikan tiga kawah danau di puncak Gunung Kelimutu dengan ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut hari itu tak hanya disuguhi panorama menakjubkan, tetapi juga suatu fenomena langka.

Kawah Tiwu Nua Muri Koo Fai mengalami perubahan warna dari hijau muda menjadi hijau muda keputih-putihan. Sedangkan kawah Tiwu Ata Polo masih berwarna hijau tosca, dan Tiwu Ata Mbupu berwarna hijau lumut kehitaman.

Menurut Markus Ghawa, penjaga Taman Nasional Kelimutu, perubahan warna di kawah dengan kedalaman 127 meter itu terjadi sekitar satu minggu sebelum Lebaran.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X