Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momentum Lestarikan Jenis Kayu Lokal

Kompas.com - 22/09/2012, 13:42 WIB
Frans Sarong

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kegiatan Jelajah Sepeda Kompas Bali Komodo juga menyertakan sejumlah paket bantuan seperti sumbangan sebanyak 3.000 anakan munting, jenis kayu lokal yang sudah sangat langka di Manggarai Raya (Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur) di Flores, NTT.

Bantuan dari Pertamina itu terutama akan dimanfaatkan untuk menghijaukan Labuan Bajo dan sekitarnya di Manggarai Barat. Penanamannya akan dilakukan oleh penggiat lingkungan, Pastor Marsel Agot SVD bersama jajarannya yang menjadi mitra Pertamina melalui panitia Jelajah Sepeda Kompas.

"Untuk tahap awalnya kami prioritaskan penanamannya di Labuan Bajo dan sekitarnya," tutur Marsel Agot di Labuan Bajo, Sabtu (22/9/2012) siang.

Di Manggarai Raya, Pastor Marsel Agot dikenal sebagai biarawan Katolik yang sangat aktif menghjijauakan kawasa gersang di sekitarnya. Satu di antaranya di kawasan Solohana, Desa Batu Cermin, Labuan Bajo. Kawasan seluas 12 ha itu sudah dipadati tegakan mahoni dan 12 jenis pohon lainnya berusia sekitar 10 - 12 tahun.

Di lokasi yang sama tersedia sekitar 4.000 anakan munting dan beberapa jenis kayu lokal lainnya. Jenis kayu lokal itu yang akan digunakan terkait paket bantuan dari Pertamina melalui Kompas itu," tuturnya.

Di Manggarai, jenis kayu munting hingga tahun 1980-an sangat akrab dengan masyarakat terutama di pedesaan. Jenis kayu keras itu biasanya dimanfaatkan untuk lesung atau bahan bangunan kelas atas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com