Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Pertumbuhan Desa Wisata

Kompas.com - 29/09/2012, 08:32 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong masyarakat untuk mengembangkan desa wisata.

"Kami selalu mendorong masyarakat untuk mengembangkan desa wisata supaya perekonomian semakin maju. Jika masyarakat desa siap secara administrasi dan kegiatannya, kami siap mendukung dan mendampinginya," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kulon Progo, Eko Wisnu Wardana di Kulon Progo, Jumat (28/9/2012).

Saat ini, kata Eko, Kabupaten Kulon Progo memiliki 10 desa dan satu desa wisata, Desa Towil di Bantar, Kecamatan Sentolo.

Sebanyak 10 desa wisata, yakni Desa Wisata Nglinggo (Kecamatan Samigaluh), Desa Wisata Pendoworejo (Kecamatan Girimulyo), Desa Wisata Banjarasri dan Banjaroyo (Kecamatan Kalibawang), Desa Wisata Kalibiru dan Desa Wisata Sermo Hargowilis (Kecamatan Kokap), Desa Wisata Jatimulyo (Kecamatan Girimulyo), Desa Wisata Immorenggo (Kecamatan Galur), dan Desa Wisata Sidorejo (Kecamatan Lendah).

"Desa Wisata di masing-masing kecamatan memiliki karakteristik tersendiri. Mulai dari keindahan alam seperti di Nglinggo, dan paket wisata, atau kegiatan industri yang disuguhkan untuk wisata," kata Eko.

Ia mengatakan, pada 2012 ada lima desa wisata yang mendapat bantuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri bidang Pariwisata. Desa Wisata Banjaroyo dan Glagah masing-masing mendapat bantuan Rp100 juta, sedangkan Desa Wisata Kalibiru, Jatimulyo, dan Immorenggo masing-masing mendapat bantuan Rp75 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com