Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November, Pemkot Ternate Gelar Festival Kora-kora

Kompas.com - 23/10/2012, 16:04 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menggelar Festival Bahari Kora-kora di pantai Ternate pada akhir November 2012. "Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri berkunjung ke Ternate," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ternate, Husen Alting di Ternate, Selasa (23/10/2012).

Husen mengatakan, penyelenggaraan Festival Bahari Kora-kora itu juga dimaksudkan membangkitkan semangat kebaharian pada masyarakat Kota Ternate, khususnya para generasi muda.

Selain itu, melestarikan keberadaan Kora-Kora sebagai perahu tradisional Ternate, yang dulu dimanfaatkan menjadi armada perang Kesultanan Ternate dalam menghadapi kaum penjajah, termasuk digunakan untuk menyebarkan Islam di Indonesia Timur.

Husen Alting mengatakan, Festival Bahari Kora-kora yang diharapkan bisa masuk dalam kalender kegiatan wisata nasional tersebut akan diisi dengan berbagai atraksi budaya serta lomba perahu Kora-kora di Pantai Ternate.

Lomba perahu Kora-kora melibatkan utusan dari seluruh kabupaten/ kota di Malut tersebut, dimulai dari Dermaga Dodoku Ali, depan Kesultanan Ternate dan berakhir di Jembatan Residen, depan eks kantor Gubernur Malut.

Menurut Husen, Festival Bahari Kora-kora tersebut cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan, selain mereka dapat menyaksikan berbagai atraksi budaya, juga bisa menikmati berbagai obyek wisata di Kota Ternate.

Obyek wisata yang cukup menarik di Kota Ternate yakni peninggalan Kesultanan Ternate, seperti Kedaton Kesultanan Ternate yang menyimpan berbagai benda sejarah, di antaranya mahkota berambut yang konon hanya satu-satunya di dunia.

"Selain itu, sejumlah peninggalan kolonial, di antaranya Benteng Orange dan Benteng Kastela, serta sejumlah obyek wisata bahari, seperti Pantai Sulamadaha dan panorama bawah laut di pantai Ternate," ujarnya.

Husen menambahkan, sarana akomodasi di Ternate cukup memadai, karena tersedia hotel mulai dari hotel bintang empat hingga hotel melati. Sedangkan akses dari dan ke Ternate, baik melalui transportasi udara maupun transportasi laut juga cukup lancar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com