Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta, Kota Belanja Keempat Paling Terjangkau Bagi Turis

Kompas.com - 30/10/2012, 18:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jakarta memperoleh penilaian yang sangat baik dan menduduki peringkat keempat berdasarkan harga untuk beberapa produk dan mampu bersaing dengan beberapa kota favorit belanja internasional.

Peringkat keempat berdasarkan harga tersebut, dinilai dari beberapa produk, seperti jam tangan dan barang-barang elektronik. Hal tersebut terungkap dari Globe Shopper Index, yang dipublikasikan oleh Global Blue, Senin (29/10/2012). Secara keseluruhan penilaian, Jakarta menduduki peringkat 17 Globe Shopper Index.

 Jakarta menempati urutan setelah Mumbai dan sebelum Osaka. Jakarta juga memperoleh penilaian yang baik sebagai kota terkoneksi dan menduduki peringkat keempat untuk jumlah penumpang terbanyak yang mendarat di bandara setiap tahunnya.

Namun, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jakarta sulit menemukan tempat belanja dengan pramuniaga yang mampu berbicara bahasa mereka. Serta kurangnya situs-situs dan acara budaya turut berkontribusi dalam turunnya peringkat Jakarta.

Hongkong menduduki peringkat teratas kota paling menarik bagi pecinta belanja mancanegara untuk wilayah Asia Pasifik. Kali ini, Globe Shopper Index diperluas dengan menambahkan 25 kota di Asia Pasifik ke dalam daftar 33 kota di Eropa yang telah ada, dan melakukan penilaian berdasarkan pengalaman yang ditawarkan kepada para pecinta belanja internasional.

Penilaian dilakukan berdasarkan lima kategori yaitu jenis tempat belanja, harga, kenyamanan, hotel dan transportasi, serta budaya dan iklim. Bermitra dengan Economist Intelligence Unit, Global Blue menyusun Globe Shopper Index menjadi panduan penting bagi pecinta belanja mancanegara untuk mencari kota tujuan belanja di wilayah Eropa dan Asia Pasifik.

"Saya ucapkan selamat kepada kota-kota di Asia Pasifik yang telah sukses dalam menarik minat pecinta belanja mancanegara. Dengan dimasukkannya kota-kota di Asia Pasifik ke dalam Globe Shopper Index menunjukkan komitmen dari Global Blue agar wisatawan mancanegara memperoleh pengalaman belanja yang terbaik,” kata Presiden & CEO Global Blue, Per Setterberg dalam siaran pers yang diterima KOMPAS.com.

Menurutnya, pecinta belanja di Asia yang selama ini telah menikmati kemudahan berbelanja di luar negeri berkat program Belanja Bebas Pajak milik Global Blue, kini juga akan dimudahkan dalam mencari kota belanja ideal mereka, berdasarkan prioritas pribadi dan dapat membagikannya dengan teman-teman mereka secara online melalui Globe Shopper Index.

Calon wisatawan dapat berkunjung ke www.globeshopperindex.com untuk mencari kota-kota yang paling sesuai dengan keinginan serta kebutuhan mereka. Wisatawan juga dapat berbagi infromasi mengenai kota-kota tersebut dengan teman-teman secara online guna mendapatkan tips berbelanja.

Untuk peringkat 1 sampai 25 kota belanja di Asia sesuai Globe Shopper Index adalah Hongkong, Kuala Lumpur, Shanghai, Beijing, Singapura, Sydney, Bangkok, Tokyo, Seoul, Delhi, Manila, Taipei, Auckland, Bangalore, Guangzhou, Mumbai, Jakarta, Osaka, Ho Chi Minh City, Busan, Nagoya, Colombo, Dhaka, Karachi, dan Yangon.

Dari peringkat tersebut, dapat terlihat bahwa Jakarta masih jauh tertinggal dengan kota-kota lain di Asia Tenggara seperti Kuala Lumpur, Singapura Bangkok, dan Manila, sebagai destinasi wisata belanja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com