Kompas.com - 07/01/2013, 18:13 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Miangas menjadi salah satu destinasi yang membuat Ramon Y. Tungka penasaran. Dalam waktu dekat ia dan tim dari Kompas TV akan memulai perjalanan mengelilingi Indonesia dalam waktu 100 hari.

"Saya penasaran dengan Miangas, Morotai, Kei juga penasaran. Terutama wilayah-wilayah perairan terluar itu yang membuat saya terpacu untuk terlibat," tutur Ramon Y. Tungka, saat jumpa pers program Kompas TV terbaru "100 Hari Keliling Indonesia", di Jakarta, Senin (7/1/2013).

Kompas TV akan menayangkan program terbarunya bertajuk "100 Hari Keliling Indonesia". Program tersebut merupakan program dokumenter yang menggali sisi unik dan humanis seluruh pelosok Indonesia.

Uniknya, selama perjalanan, Ramon Y. Tungka sebagai pemandu acara bersama tim Kompas TV, tidak akan menggunakan moda transportasi pesawat komersial, melainkan berbagai macam transportasi darat dan laut untuk dapat menyelesaikan misinya mengelilingi Indonesia, mulai dari ojek, kapal, hingga bus.

Mereka diberi target untuk mengelilingi Indonesia selama 100 hari. Seperti apa rute yang akan ditempuh Ramon? Perjalanan akan dimulai dari Jakarta dan berakhir di Jakarta. Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali masuk dalam rute perjalanan tim "100 Hari Keliling Indonesia".

"Start dari Jakarta, lalu ke Lampung, ke Bengkulu, Padang, menyeberang ke Pulau Mentawai. Lalu menyeberang kembali ke Padang, lalu ke Bukittinggi, ke Medan, lalu Aceh, ujungnya ke Pulau Rondo, Balik ke Medan, lalu ke Kepulauan Dumai," ungkap Produser "100 Hari Keliling Indonesia" Kompas TV, Fraya, dalam kesempatan yang sama.

Tim juga akan mampir di Bagansiapi-api, Pulau Bengkalis, Kepulauan Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Kepulauan Natuna. Barulah kemudian tim "100 Hari Keliling Indonesia" menuju daerah Kalimantan, yaitu ke Pontianak kemudian Entikong, lalu ke Putussiabu.

"Dari Putussiabu ke Ketapang, lalu ke Pangkalan Bun, Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Berau, Nunukan," lanjut Fraya.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke Sulawesi yaitu pertama-tama di Makassar, kemudian Polewali Mandar, Palu, Gorontalo, Manado, dan Miangas. Lalu, tim kembali ke Manado dan menyeberang ke Morotai di Maluku.

Perjalanan berikutnya adalah ke Sorong di Papua, kemudian ke Manokwari, Nabire, Jayapura, Wamena, dan Merauke. Dari Merauke, tim kembali ke Maluku tepatnya di Ambon, dilanjutkan ke Kei Tanimbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.