Kompas.com - 08/01/2013, 13:34 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com - Toraja Utara. Sebuah kabupaten yang berada di dataran tinggi. Tepat di bagian utara Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan berhawa sejuk serta identik dengan makam-makam batu, tengkorak manusia, dan ritual kematian yang mewah.

Jejak-jejak kematian di Toraja, menjadi magnet bagi wisatawan. Mereka datang berkunjung ke Kota Rantepao, ibu kota Kabupaten Toraja Utara. Kamga, host program “Explore Indonesia” yang tayang di Kompas TV, mengawali petualangannya di Toraja Utara dengan mendatangi Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat.

Kedatangannya bukan untuk melapor, tetapi karena ada ‘benda purbakala’ penuh misteri yang telah membuatnya penasaran. Benda ini tersimpan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara.


Kamga melihat mumi Toraja - Dok. Kompas TV
Kamga melihat mumi Toraja (Foto: Dok. Kompas TV)

Sekretaris Disbudpar Toraja Utara, Cornelia Untung Seru, mengajak Kamga masuk ke ruangan kecil di pojok lantai dua. Di dalamnya terdapat lemari kaca tertutup kain putih. Setiap orang yang masuk harus menaruh rokok sebagai syarat sesajen. Perlahan Cornelia membuka kain, sehingga tampak jelas isi di dalamnya.

“Wow, ini laki-laki atau perempuan, Bu?” tanya Kamga terkejut.

“Perempuan, itu rambutnya masih ada, kukunya juga masih,” jawab Cornelia.

Di depan Kamga terbujur satu jasad berukuran pendek sekitar setengah meter. Dilihat dari ukuran tersebut, sepertinya mumi itu adalah mumi anak kecil. Namun menurut Cornelia, mumi ini merupakan perempuan dewasa yang ukurannya kemudian menyusut.

Mumi tersebut diperkirakan sudah meninggal ratusan tahun lampau. Di atas lemari kaca, tersimpan satu mumi lainnya berjenis kelamin pria. Mumi ternyata tidak hanya ada di Mesir, tetapi juga ditemukan di Toraja.

Seperti di Mesir, mumi di Toraja dan benda purbakala dari makam-makam kuno juga kerap menjadi sasaran tindak pencurian untuk diselundupkan ke luar negeri. Kedua mumi ini berhasil diamankan polisi tahun 2002 di Bandara Ngurah Rai, Bali, ketika hendak dilarikan ke luar negeri untuk dijual ke kolektor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.