Kompas.com - 23/01/2013, 13:34 WIB
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com — Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan kunjungan wisatawan pada tahun 2013 sebanyak 650.000 orang. "Target kita, turis yang datang bisa meningkat menjadi 600.000 orang untuk turis domestik dan 50.000 orang turis mancanegara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulut, Suprianda Ruru, di Manado, Selasa (22/1/2013).

Suprianda mengatakan, target tersebut optimistis tercapai mengingat Sulut saat ini menjadi salah satu tujuan wisata alternatif yang memiliki kekayaan budaya dan wisata cukup menarik. "Sulut selain punya Taman Laut Nasional Bunaken, salah satu yang terindah di dunia, masih punya potensi alam dan budaya yang sangat menarik bagi wisatawan," kata Suprianda.

Karena itu, Suprianda yakin wisatawan yang datang berkunjung ke daerah ini akan mampu mencapai angka sebagaimana ditargetkan.

Menurut Suprianda, kunjungan wisatawan domestik terutama didorong berbagai kegiatan skala nasional yang dilaksanakan di daerah ini.

Salah satu kegiatan skala nasional yang dipastikan menarik kunjungan turis domestik yakni Hari Pers Nasional yang akan berlangsung tanggal 4 hingga 9 Februari 2013, yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Ribuan peserta yang akan hadir dalam kegiatan HPN tersebut merupakan potensi mendorong pariwisata Sulut," kata Suprianda.

Guna mendorong wisatawan mancanegara datang ke Manado, pemerintah daerah akan ikut dalam berbagai ajang promosi di berbagai negara. Salah satunya yakni pameran Golden Dolphin yang akan berlangsung di Moskwa, Rusia, pada 14 hingga 17 Februari 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.