Yuk Wisata ke Cirebon

Kompas.com - 02/02/2013, 17:17 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Sebagian masyarakat perkotaan bingung menghabiskan waktu liburannya sebab waktu liburan yang mereka miliki sangat terbatas. Cobalah untuk datang ke Cirebon. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini, tak begitu jauh dari Ibu Kota, cukup menghabiskan waktu beberapa dengan moda transportasi kereta api, Anda sudah bisa sampai ke kota yang berjulukan Kota Udang tersebut.

Seperti yang diungkapkan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, wisatawan dari Jakarta yang ingin berlibur ke Cirebon hanya butuh waktu kurang dari 3 jam. "Kurang dari 3 jam kita sudah sampai kota Cirebon menggunakan Argojati (tarif) 120 ribu-an satu orang, dengan hotel, yah 600 (ribu)-an bisa sampai Cirebon," kata Sapta saat kunjungannya ke Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (2/2/2013),

Sapta pun menambahkan, aktivitas wisata yang bisa dilakukan di kota ini cukup banyak. Dengan adanya Keraton Kasepuhan, Kanoman dan Museum Linggarjati yang bisa menjadi destinasi wisata unggulan. "Cirebon sebagai magnet karena dekat dengan Jakarta, dan berada di tengah-tengah antara Semarang dan Jakarta. Jalur laut dan pantura pun cukup bagus," kata Sapta.

Urusan perut tak perlu khawatir, ada empal genthong sebagai makanan khas dan bisa ditemukan dengan mudah mulai dari rumah makan hingga pedagang kaki lima. Cirebon pun memiliki pusat batik yakni batik Trusmi.

Sapta menambahkan kini banyak biro perjalanan yang menawarkan paket wisata ke Cirebon, dengan paket berupa transportasi kereta, penginapan, dan paket wisata museum. Letak Cirebon yang sangat strategis dapat ditempuh melalui jalur darat maupun laut, tak hanya menarik wisatawan lokal tetapi juga wisatawan asing.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Kota Cirebon, Chairul Anam, pada tanggal 5 Januari 2013, Kota Cirebon disinggahi kapal pesiar MV Minerva yang membawa sekitar 300 wisatawan asal Inggris. Keesokan harinya para wisman itu dengan menumpang becak berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon.



EditorI Made Asdhiana

Close Ads X