Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maluku Utara Kembangkan Wisata Olahraga

Kompas.com - 04/02/2013, 07:14 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) mengembangkan wisata olahraga berskala nasional maupun internasional untuk memperkaya keanekaragaman obyek wisata Malut sekaligus meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke daerah ini.

Wakil Gubernur Malut, Gani Kasuba di Ternate, Minggu (3/2/2013) mengatakan, ada beberapa jenis wisata olahraga yang potensial dikembangkan di antaranya selancar, renang antarpulau dan lomba perahu tradisional (kora-kora).

Wisata olahraga selancar akan dikembangkan di Kabupaten Pulau Morotai, karena di daerah itu memiliki  pantai yang sangat cocok untuk kegiatan selancar, di antaranya di Pantai Tanjung Sopi yang ketingggian gelombangnya sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

"Pemkab Pulau Morotai telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menggelar kejuaraan selancar bertaraf internasional di Tanjung Posi tersebut pada Oktober 2013. Diperkirakan banyak peserta dari berbagai negara yang akan ambil bagian pada kegiatan itu," ujar Gani Kasuba.

Sedangkan lomba renang antarpulau telah menjadi kegiatan rutin Pemprov Malut dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun Provinsi Malut setiap bulan November dengan rute Pulau Wisata Maitara di Kota Tidore Kepulauan menuju Benteng Kalumata di Pulau Ternate sejauh 2 km.

Menurut Wagub Gani Kasuba, lomba renang antarpulau tersebut pada tahun 2013 diupayakan melibatkan peserta dari luar negeri. Untuk itu Pemprov Malut akan mempromosikannya lebih awal melalui biro perjalanan wisata yang ada  di Pulau Jawa dan Bali.

Khusus untuk lomba perahu tradisional selama ini sedikitnya ada tiga kegiatan yakni Festival Legu Gam pada bulan April dan Festival Kora-kora bulan Desember di Kota Ternate serta Peringatan HUT Provinsi Malut bulan November di Sofifi, ibu kota Provinsi Malut.

Wagub mengatakan, pascapenyelenggaraan Sail Morotai pada September 2012 kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri ke Malut menunjukkan peningkatan, sehingga kegiatan itu memberi kontribusi besar pada promosi pariwisata daerah ini.

Kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri ke Malut pada Desember 2012, misalnya, mencapai lebih dari 7.000 orang atau meningkat jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya hanya 6.000-an orang dengan tujuan utama sejumlah obyek wisata bahari dan peninggalan sejarah di Malut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com