Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Gelar Pasar Malam di Den Haag

Kompas.com - 15/02/2013, 08:50 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Untuk meningkatkan kualitas hubungan antara Indonesia dan Belanda sebagai negara sahabat, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Belanda yang bertempat di Den Haag bekerja sama dengan PT Samudra Dyan Praga (Samudra) akan menyelenggarakan Pasar Malam Indonesia (PMI) 2013 yang rencananya digelar pada tanggal 20-24 Maret 2013 di alun-alun Malieveld, Den Haag.

Selain ditujukan untuk mempererat hubungan kedua negara, PMI 2013 diharapkan mampu menjadi ajang untuk mempromosikan beragam keunikan Indonesia kepada masyarakat di negeri tulip tersebut, mulai dari produk perdagangan, budaya hingga produk-produk investasi.

"Indonesia yang dalam kondisi berkembang harus gencar berpromosi untuk menjaga citra dan integritas, serta identitas negara di dunia internasional, khususnya Belanda yang memiliki ikatan historis dengan kita," ujar Hariman T. Zagloel, Direktur Utama PT Samudra Dyan Praga, Kamis (15/2/2013).

Pasar Malam Indonesia (PMI) 2013 ini adalah ajang promosi akbar yang keempat kalinya dihelat oleh KBRI, dan telah mendapat dukungan baik dari pihak Indonesia maupun dari pihak Belanda. Event internasional ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada Belanda dan dunia internasional mengenai wajah Indonesia Baru dengan menampilkan berbagai perubahan, perkembangan dan kemajuan Indonesia, baik dari sisi pembangunan dan perekonomian, serta negara dan masyarakatnya secara keseluruhan.

Ajang ini juga menjadi sarana untuk mempromosikan kekayaan potensi bisnis, dunia pariwisata, seni budaya, dan kuliner dari berbagai daerah di tanah air kepada masyarakat Belanda.

Atas dasar itu, pada perhelatan PMI 2013 bulan Maret mendatang akan ditampilkan juga pementasan seni budaya asli Indonesia, antara lain dari Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Maluku d an berbagai provinsi lainnya, serta menampilkan berbagai artis ternama Indonesia yang akan menghibur para pengunjung di acara tersebut.

PMI 2013 diharapkan menjadi ajang untuk memperkuat dan mempertahankan ikatan di kalangan masyarakat Belanda yang memili ki hubungan emosional dengan Indonesia. Tak hanya itu, diharapkan juga event bergengsi ini mampu menarik perhatian generasi muda Belanda yang selama ini hanya mendengar tentang Indonesia baik dari media ataupun dari nenek-kakek, orang tua maupun kerabat mereka.

"Indonesia memang memiliki ikatan dengan Belanda dari sisi historis, namun citra dan ikatan Indonesia sendiri di kalangan generasi muda di Belanda sudah mulai luntur, hal inilah yang ingin kita kuatkan kembali melalui Pasar Malam Indonesia 2013," tambah Hariman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com