Kompas.com - 15/03/2013, 00:40 WIB
EditorJodhi Yudono

YOGYAKARTA, KOMPAS.com--Yogyakarta memiliki potensi museum bernilai tinggi di bidang pendidikan, pengetahuan, dan kebudayaan, kata Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta GBPH Yudhaningrat.

"Potensi museum yang tinggi di Yogyakarta akan menjadi sia-sia jika tidak ada usaha untuk mengenalkan, mendekatkan, dan meningkatkan kecintaan siswa kepada museum sejak dini. Hal itu yang mendasari munculnya Program Wajib Kunjung Museum," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia pada peluncuran Program Wajib Kunjung Museum, museum di Yogyakarta dibagi menjadi tiga kategori yakni museum benda budaya dan kesenian, museum pendidikan dan ilmu pengetahuan, dan museum sejarah dan perjuangan.

"Kegiatan Program Wajib Kunjung Museum akan lebih baik jika setiap siswa diberi tugas yang bersifat kajian terhadap salah satu koleksi benda museum sesuai dengan kemampuan masing-masing," katanya.

Ia mengatakan siswa nanti akan dituntut untuk tidak sekadar datang dan melihat museum, tetapi juga memahami keberadaan benda-benda koleksi museum tersebut.

"Dengan adanya Program Wajib Kunjung Museum itu diharapkan dapat menjadi pemicu lahirnya generasi bangsa yang menghargai warisan sejarah, budaya, dan pengetahuan," katanya.

Menurut dia, Dinas Kebudayaan (Disbud) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyediakan dua bus dengan kondisi masih baru dilengkapi "air conditioner" (AC) dengan kapasitas 25 tempat duduk untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Untuk mengawali program tersebut kunjungan dilakukan siswa SD Masjid Syuhada Yogyakarta dan SMP Negeri 3 Godean, Sleman. Mereka mengunjungi Museum Tani, Museum Kekayon, dan Benteng Vredeburg," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.