Kompas.com - 29/03/2013, 09:30 WIB
EditorI Made Asdhiana

TABANAN, KOMPAS.com - Obyek Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, pada libur Hari Raya Galungan, Kamis (28/3/2013) ramai dikunjungi ribuan wisatawan dan masyarakat Pulau Dewata.

"Saya datang berlima bersama keluarga, tidak mau terlewatkan menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi objek wisata ini," kata Yeni Anggraeni, salah seorang pelancong asal Bandung.

Dia menjelaskan, walaupun cuaca cukup panas pengunjung tampak sangat ramai dan berdatangan dari pagi sampai malam hari. "Saya dan suami serta anak-anak merasa puas bisa melihat keindahan alam di sini, walaupun sangat ramai dan melelahkan," ucapnya.

Berdasarkan pengamatan jalanan dari dan menuju Tanah Lot dari pagi sampai menjelang malam hari terus ramai oleh kendaraan pribadi maupun rombongan wisatawan.

Sebelumnya pengelola Tanah Lot memperkirakan jumlah pengunjung ke lokasi wisata andalan di Bali itu pada libur keagamaan meningkat 100 persen dibandingkan akhir pekan. "Perkiraan itu berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, yang mencapai 26.000 orang," kata Ketut Toya Adnyana, pengelola Tanah Lot.

Dia menjelaskan, jumlah pengunjung pada akhir pekan di kisaran 10.000 sampai 15.000 orang. Sedangkan pada hari biasa kunjungannya antara 6.000 sampai 7.000 orang.

Adnyana mengatakan, cuaca sangat mempengaruhi jumlah wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Sebab hampir 75 persen pelancong ke Tanah Lot adalah wisatawan domestik yang berasal dari berbagai kota di Tanah Air. Sebagian besar dari mereka datang menggunakan bus atau alat transportasi darat lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.