Kompas.com - 01/04/2013, 08:17 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Aksi berburu kuliner saya kali ini mau mencoba rumah makan yang belum lama buka dan menyajikan menu olahan dari daging kambing. Lokasinya di Jalan Lapangan Bola, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Rumah Makan Kampuyuh namanya. Ini cabang dari Bekasi.

Pilihan menunya memang tidak terlalu banyak, seperti nasi goreng kambing, mi/bihun goreng kambing, gulai kambing, roti prata dan kuah gulai. Saya memilih rekomendasi di rumah makan ini saja yaitu nasi goreng kambing, sate kambing dan minumnya es cincau kedelai.

Tipe nasi goreng kambing di Kampuyuh ini adalah tipe melayu, dengan bumbu rempah-rempah berwana kuning dan aromanya juga cukup kuat. Potongan daging kambingnya juga cukup banyak dan daging kambingnya tidak alot. Ini yang membuat saya suka dengan menu ini, karena biasa di menu nasi goreng kambing, daging kambingnya alot.

Untuk sate kambingnya dibakar dengan kecap dan bumbu racikan, jadi dagingnya terlihat hitam. Ini beda dengan tipe sate kambing tegal yang biasa dibakar tanpa kecap sehingga dagingnya tidak hitam.

Untuk menu ini saya suka banget, daging sate kambingnya empuk banget, sedikit manis dan enak. Untuk sambelnya disediakan sambel ijo, unik dan jarang saya temukan di tempat lain. Tapi saya makan tanpa sambel ijonya.

Menu minumnya juga cukup unik dan segar, es cingcau kedelai. Air kedelai dicampur dengan cingcau hitam yang dipotong halus dan ditambah dengan es. Boleh nih rumah makan Kampuyuh menjadi salah satu rekomendasi rumah makan yang menyajikan menu olahan daging kambing. Harganya pun terjangkau, di mana nasi goreng kambing Rp 23.000, sate kambing (5 tusuk) Rp 18.500 dan es cincau kedelai Rp 12.000. (Frans)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.