Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Investasikan 300 Juta Dollar AS di Batam

Kompas.com - 02/04/2013, 18:44 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com -- Lion Air dan Badan Pengusahaanm (BP) Batam menandatangani kesepakatan penyediaan lahan di kompleks Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (2/4/2013). Di lahan itu, Lion akan membangun fasilitas perawatan dan perbaikan pesawat dengan investasi awal 300 juta dollar AS.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, BP Batam menyediakan lahan untuk fasilitas itu. Awalnya, Lion mendapatkan empat hektar, kemudian mendapat tambahan 12 hektar lagi.

Fasilitas itu bisa menampung hingga 40 pesawat aneka ukuran. Perawatan dan perbaikan mesin, avionik, dan badan pesawat bisa dilakukan di fasilitas itu.

Djoko menyatakan tidak berwenang menjawab apakah Lion akan menggandeng Airbus atau tidak untuk pengoperasian fasilitas itu. BP Batam, kata dia, berwenang soal pengalokasian lahan dan perizinan.

Sebelumnya, Lion Air mengumumkan akan menggandeng Airbus untuk pengoperasian fasilitas perawatan pesawat di Batam. Dukungan Airbus merupakan salah satu manfaat yang didapat Lion sebagai pemesan terbanyak produk Airbus sepanjang sejarah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com