Kompas.com - 18/04/2013, 14:51 WIB
EditorI Made Asdhiana

TANJUNG REDEB, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menargetkan bulan Agustus 2013 sudah dapat melayani penerbangan ke Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. "Penerbangan Garuda ke Berau guna memenuhi permintaan Pemkab Berau dan sekaligus mendukung Festival Derawan," kata Manajemen Umum Garuda Kalimantan, Setya Budhi, Kamis (18/4/2013).

Pihak Garuda juga meninjau fasilitas di terminal baru Bandara Kalimarau dan bertemu Bupati Berau Makmur HAPK. Pertemuan juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Fahmi Rizani, dan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Berau H Mappasika Mappaseleng.

Menurut Setya Budhi, Pemkab Berau sangat mendukung pengembangan transportasi udara di Berau. Bandara Kalimarau jauh lebih baik dari beberapa bandara lain di Kaltim.

Hal itu, menurut Budhi terlihat dan sejumlah fasilitas yang lengkap dan memenuhi standar. Dia pun optimis dari hasil kunjungan tersebut akan mempercepat realisasi pendaratan perdana. "Bandaranya sangat bagus. Jauh dari yang saya bayangkan. Kalau dari sisi fasilitas kita akui sudah lengkap semua," katanya.

Tim yang datang untuk ketiga kalinya ini untuk memastikan seluruh perangkat pendukung operasional maskapai Garuda. Seperti kantor hingga fasilitas kargo.

Budhi juga masih melakukan penjajakan persiapan pembukaan kantor di Kota Tanjung Redeb. "Kalau di bandara sudah tidak ada masalah, tinggal kita harus membuka kantor di kota," katanya.

Sejauh Garuda telah mendapat slot time atau jadwal penerbangan yang berkisar pukul 16.00 Wita. Namun jadwal penerbangan tersebut, lanjut Setya Budhi, akan dikomunikasikan kembali, agar bisa berubah pada jam siang, sesuai dengan harapan pemerintah daerah.

Sementara Bupati Berau memberikan dukungan penuh terhadap Garuda. Bahkan Pemkab Berau telah memberikan rekomendasi terhadap pemanfaatan sejumlah fasilitas di Bandara Kalimarau sebagai penunjang operasional Garuda.

Bupati berharap dengan masuknya Garuda akan memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung ke Berau. "Kami  pasti dukung penuh selama pihak maskapai mengganggap layak untuk masuk ke Berau," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.