Kompas.com - 27/04/2013, 10:12 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KENDAL, KOMPAS.com - Banyak orang sudah pernah merasakan nikmatnya makan mangut. Tapi, tidak semua orang pernah menikmati mangut lele.  Sebab, makanan khas Pantura Kendal ini, jarang dijumpai di warung makan pada umumnya.

Nah, kalau Anda ingin merasakan nimatinya mangut lele ini, bisa mampir di warung makan Farchat, yang ada di Pantura Kaliwungu Kendal, bila sedang melintas. Harganya, sangat terjangkau. Satu porsi berisi 2 ekor lele, hanya Rp 12.000.

Farchat mengaku, mangut Lele memang jarang dijumpai di warung makan. Sebab yang namanya mangut, biasanya dari ikan pare, ikan sembilang atau ikan manyung. Sedang ikan lele, biasanya dimasak goreng atau dipecel.

“Mangut lele dengan bumbu pedas adalah makanan khas pantura Kendal. Jarang ada orang menjualnya,” kata Farchat.

Farchat mengaku, penyuka mangut jele cukup banyak, terutama mereka yang suka pedas. Sebab mangut Lele ini rasanya memang pedas. Sehingga bisa memerahkan wajah penikmatnya.

“Kalau yang tidak biasa makan pedas, perutnya bisa sakit,” katanya.

Menurut Farchat, untuk memasak mangut lele, seperti halnya membuat mangut pada umumnya. Tapi, ada bumbu khusus untuk penyedap, yang dijadikan rahasia olehnya. Sehingga, ada yang membedakan antara makanan mangut lele milik warung makan Farchat dengan warung makan lainnya.

"Saya kira semua masakan yang dijual di warung, pasti ada bumbu khusus yang dibuat oleh penjualnya dan itu menjadi rahasia. Sebab bumbu itu, yang membedakan rasanya," jelasnya.

Penyuka mangut lele, Any Faiqoh (35) asal Rembang, mengaku selalu membeli mangut lele di rumah makan Farchat, bila lewat ke Kaliwungu. Sebab mempunyai rasa yang khas.

“Saya memang suka makanan pedas. Jadi sangat pas dengan mangut lele ini,” katanya.

Ia menambahkan, setelah makan mangut lele, keringatnya keluar. Hal ini membuatnya menjadi segar dan bersemangat melakukan aktifitas. “Kan kalau makan pedas, kita jadi tidak ngantuk,” candanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.