Kompas.com - 29/04/2013, 08:40 WIB
EditorI Made Asdhiana

KUDUS, KOMPAS - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta Lembaga Pengembangan Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Regional Jerman (GIZ) gencar mempromosikan obyek-obyek pariwisata di Jawa Tengah bersamaan dengan program Visit Jawa Tengah 2013. Salah satu upaya promosi dengan menggelar paket wisata Pakudjembara Adventouride 2013.

Pakudjembara merupakan sebutan bagi kawasan pengembangan wisata dan ekonomi di Jawa Tengah bagian timur. Pakudjembara meliputi Kabupaten Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang, dan Blora. Adapun Adventouride merupakan sebutan tur petualangan wisata bagi para penggemar sepeda motor.

Tur yang mengusung tema ”Central Java Ride The Heritage 2013” itu berlangsung 27-28 April 2013, diikuti sejumlah komunitas dunia maya yang aktif bertualangan yang tergabung dalam situs www.prides-online.com.

Kudus menjadi kota pertama rintisan paket wisata tersebut.

Koordinator rombongan, Alif Abdul Muiz, Minggu (28/4/2013), mengatakan, Kudus memiliki potensi wisata yang unik, mulai dari wisata religius, alam, kuliner, hingga budaya. Wisata religius ditopang dengan penziarahan Sunan Kudus dan Muria. Wisata alam ditunjang panorama Pegunungan Muria dan Kendeng Utara.

Untuk wisata kuliner, mengangkat jenang kudus yang dibuat di Pusat Jenang Kudus di Desa Kaliputu. ”Kami ingin memperkenalkan paket-paket wisata itu dalam bentuk tulisan dan video petualangan di blog. Beberapa akan kami luncurkan di Youtube,” kata Alif.

Di Kota Tegal, Jawa Tengah, Minggu petang, Pemkot Tegal menggelar Tegal Pesisir Karnaval II dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-433 Kota Tegal. Karnaval melibatkan sekitar 400 peserta, yaitu siswa sekolah, satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemkot Tegal, hingga instansi-instansi lain di lingkungan Pemkot Tegal. (HEN/WIE)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.