Kompas.com - 03/05/2013, 19:01 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com - Dari namanya saja, sudah tercermin bangunan kuno ini penuh air. Ya, masuk ke dalam kawasan Tirta Gangga, kolam-kolam tampak memenuhi area tersebut. Tirta berarti "air suci", sementara Gangga merupakan nama sungai di India yang dianggap suci oleh umat Hindu, tak terkecuali umat Hindu di Bali.

Tirta Gangga berada di Kabupaten Karangasem, Bali. Bisa dibilang Tirta Gangga menjadi salah satu ikon wisata kabupaten yang terletak di timur Bali tersebut. Kecantikan arsitektur khas Bali dengan pahatan bermotif naga sampai kerbau, belum lagi ukiran bunga, hanya bagian kecil dari panorama magis di Tirta Gangga. Gemerecik air yang menenangkan, ikan-ikan lalu-lalang di dalam kolam, lalu air mancur yang berdiri megah.

Kawasan kolam ini terletak dekat sumber mata air alami. Adalah Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem, yang membangun istana air bernama Tirta Gangga ini pada tahun 1948. Mata air ini tersembunyi di balik pohon jati. Kawasan ini memang berada di ketinggian bukit.

TIRTA GANGGA
Tirta Gangga di Karangasem, Bali. (Foto: Kompas.com/ Ni Luh Made Pertiwi F.)

Dengan mata air alami yang dingin, udara yang sejuk, pemandangan yang cantik, lengkap sudah Tirta Gangga disebut sebagai istana peristirahatan dan bersantai bagi raja. Teknologi yang digunakan pun masih tradisional. Air mancur bukanlah menggunakan mesin pompa, melainkan mengalir secara alami.

Saat masuk dalam kawasan Tirta Gangga, di sebelah kanan dan kiri dipenuhi kolam dan jembatan. Kolam sebelah kanan sering kali menjadi favorit pengunjung. Dipenuhi patung-patung dan ukiran uang kepeng khas Bali, pengunjung bisa berjalan-jalan di atas kolam.

Ya, di atas kolam terdapat batu-batu untuk berjalan kaki, cukup untuk satu orang. Batu ini pun diukir seperti uang kepeng China yang biasa dipakai orang Bali untuk sarana persembahyangan. Di depan persis adalah air mancur. Menitilah perlahan-lahan dan resapi keindahan Tirta Gangga.

Tiket masuk ke Tirta Gangga cukup murah, hanya Rp 5.000. Jika haus atau lapar, tinggal berkunjung ke restoran yang berada di dalam kawasan Tirta Gangga. Restoran yang berada di bangunan atas memberikan bonus pemandangan keseluruhan Tirta Gangga dari ketinggian.

TIRTA GANGGA
Pengunjung mandi di kawasan Tirta Gangga, Karangasem, Bali. (Foto: Kompas.com/ Ni Luh Made Pertiwi F.)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X