Ke Magelang? Ya Nasi Goreng Magelangan...

Kompas.com - 08/05/2013, 18:23 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

MAGELANG, KOMPAS.com - Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Magelang, Jawa Tengah, tidak mencoba makanan khas yang satu ini. Namanya Nasi Goreng Magelangan.

Nasi goreng memang jenis menu yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan sudah menjadi salah satu menu andalan yang gampang dan senderhana pembuatannya. Meskipun saat ini banyak sekali variasi nasi goreng yang bisa dinikmati.

Tidak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Nasi goreng magelangan terbuat dari bahan dasar nasi dan bumbu rempah-rempah lalu digoreng. Namun nasi goreng dengan tarif per porsinya Rp 12.000 ini dikombinasikan dengan mie basah dan balungan (tulang ayam).

"Nasi dan mie dimasak dulu pakai bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, merica yang sudah dihaluskan," terang Yoyok, koki Warung MAGnyess, Magelang yang menyediakan menu tersebut, Selasa (16/4/2013).
 
Yang membuat rasanya lebih gurih dan mantap, adalah pencampuran kuah kaldu ayam ketika memasak nasi itu. Juga proses masak yang tidak menggunakan kompor gas tetapi tungku arang.

Tidak lupa tambahan lain seperti telur, suwiran ayam atau sosis, irisan sayuran seperti kol, tomat dan bawang goreng.Lebih nikmat lagi disantap bersama degan acar mentimun, kerupuk dan teh hangat.

"Satu lagi yang bikin unik nasi goreng ini dibanding nasi goreng dari daerah lain adalah penambahan tulang ayam. Rasanya asyik makan nasi goreng sambil menggigit-gigit tulang ayam yang masih ada sedikit dagingnya," ujarnya tersenyum.

Tidak ada yang tahu siapa dan sejak kapan inovasi nasi goreng ini dibuat. Yang pasti, nasi goreng magelangan sudah menjadi salah satu ikon kuliner khas kota Magelang.

Selain di warung MAGnyess, Jalan A Yani no 133 Menowo, Kota Magelang, nasi goreng magelangan banyak dijumpai di warung-warung tenda yang tersebar di Kota Magelang. Bahkan, sudah banyak ditemui di rumah makan hingga hotel di kota-kota lain seluruh Indonesia.

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X