Kompas.com - 21/05/2013, 15:56 WIB
EditorI Made Asdhiana

KUPANG, KOMPAS.com - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berbenah menjelang Sail Komodo 2013 yang pesertanya dijadwalkan menyinggahi 21 kabupaten/kota. "Pembenahan dilakukan daerah sejak beberapa bulan ini terhadap sarana dan prasarana destinasi wisata serta atraksi menyambut peserta dari berbagai belahan dunia," kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, HA Haris, di Kupang, Selasa (21/5/2013).

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan kesiapan daerah-daerah dalam menyambut peserta Sail Komodo 2013 yang diperkirakan mulai memasuki wilayah perairan NTT pada Agustus 2013.

"Kami sudah meminta pemerintah kabupaten/kota melalui dinas teknis untuk menyiapkan semua daerah destinasi termasuk acaranya sehingga peserta bisa menikmati Sail Komodo 2013 ini," katanya.

Mengenai kurangnya informasi, Hasan mengakui Sail Komodo belum diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat daerah ini karena kurangnya promosi.

Menurut dia, tugas promosi Sail Komodo 2013 bukan saja tugas Dinas Pariwisata saja tetapi tugas seluruh jajaran pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat NTT, baik dalam wilayah NTT sendiri maupun luar wilayah NTT.

Hasan berharap, masyarakat bisa menyebarkan informasi Sail Komodo kepada semua lapisan masyarakat, sehingga masyarakat terlibat aktif di dalamnya.

"Kami ingin seluruh masyarakat daerah ini terlibat untuk memberikan kesan tersendiri bagi para peserta yang datang dari Eropa, Amerika dan Asia, sehingga NTT akan menjadi daerah destinasi kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri di masa yang akan datang," katanya.

Hasan menambahkan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan seluruh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kabupaten/kota se-NTT untuk mempromosikan Sail Komodo, baik di dalam maupun luar negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.