Kompas.com - 27/05/2013, 20:12 WIB
EditorI Made Asdhiana

SINGARAJA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Buleleng berencana menata ulang kawasan Pantai Lovina untuk meningkatkan pengembangan pariwisata di kawasan Bali utara itu.

"Setelah adanya penetapan kawasan Pantai Lovina sebagai kawasan pariwisata baru di Bali utara, maka pemerintah daerah akan secara leluasa bisa mengembangkannya sebagai tujuan pariwisata dan sekaligus bisa meningkatkan PAD Kabupaten Buleleng," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Buleleng, Gede Sugiartha, di Singaraja, Senin (27/5/2013).

Menurut Sugiartha, penataan yang dilakukan dengan menertibkan bangunan rumah penduduk di kawasan pinggir pantai yang sangat mengganggu pemandangan pantai dan mengakibatkan banyaknya tumpukan sampah di kawasan tersebut.

Rencananya Pemkab Buleleng akan memanggil kepala desa dan para pemuka agama untuk melakukan negosiasi terkait rencana penataan kawasan wisata Pantai Lovina.

"Penataan itu bukan berarti melakukan penggusuran secara paksa, tetapi melakukan negosiasi yang dianggap tidak merugikan penduduk setempat," katanya.

Kawasan Pantai Lovina terletak di sebelah barat Kabupaten Buleleng atau sekitar 15 kilometer dari Singaraja. Kawasan wisata itu masih alami dan sudah banyak dikunjungi wisatawan karena terkenal dengan satwa lumba-lumba di perairan sekitar pantai.

"Rencana ke depannya kawasan Lovina tidak hanya mengandalkan lumba-lumba, namun menciptakan suasana yang nyaman bagi wisatawan yang berlibur di Lovina," ucap Sugiartha.

Selain itu, pemerintah daerah juga akan melatih sumber daya manusia (SDM) yang andal untuk bisa melayani para wisatawan dan bisa mempromosikan kawasan Bali utama secara profesional.

Sebelumnya, aktris Cinta Laura yang menawarkan diri menjadi duta wisata di kawasan Bali utara sangat kagum dengan potensi pariwisata di daerah itu. Kawasan Bali utara dianggapnya masih sangat alami dan memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Namun Cinta Laura mengkritik banyaknya tumpukan sampah rumah tangga di kawasan Pantai Lovina.

Untuk itu, Pemkab Buleleng akan secepatnya mengambil tindakan mengatasi masalah tersebut agar tidak mengganggu kenyamanan para wisatawan berlibur ke pantai Lovina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.