Kompas.com - 01/06/2013, 13:02 WIB
Editorkadek

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Calon wisatawan dari berbagai daerah mulai memesan homestay di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegera, sebagai tempat menginap saat liburan sekolah, khususnya ketika pergelaran "Dieng Culture Festival 2013" (DCF).

"Dari pantauan kami, hampir 90 persen homestay yang tersebar di Desa Dieng Kulon, Kepakisan, dan Dieng Wetan (masuk wilayah Kabupaten Wonosobo) sudah dipesan calon wisatawan," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng, Pandawa Alif Faozi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Sabtu (1/6/2013).

Khusus di Desa Dieng Kulon, lanjutnya, hingga saat ini terdapat 67 unit homestay dan sebagian besar telah dipesan calon wisatawan. Menurutnya, kondisi tersebut menunjukkan bahwa geliat wisata Dataran Tinggi Dieng mulai pulih pasca peningkatan aktivitas Kawah Timbang,

"Saat aktivitas Kawah Timbang meningkat, tingkat kunjungan wisatawan ke Dataran Tinggi Dieng turun hingga 30 persen," katanya.

Oleh karena itu, tambahnya, pihaknya terus berusaha menginformasikan kepada calon wisatawan bahwa Dieng tetap aman dikunjungi karena Kawah Timbang bukan daerah tujuan wisata dan lokasinya jauh dari Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X