Kompas.com - 16/06/2013, 08:34 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Makanan Indonesia memang tak kalah nikmat dibandingkan makanan dari mancanegara. Tak salah jika salah satu hotel berbintang di Jakarta membuat agenda khusus selama beberapa pekan menjadikan makanan Indonesia sebagai hidangan utama yang disajikan.

Hotel Indonesia Kempinski di Jalan MH Thamrin Jakarta menghadirkan makanan Indonesia ke dalam salah satu restoran yang dimiliki, Signature Restaurant. Kuliner di Signature Restaurant disulap layaknya sedang berada di warung-warung makan rumahan. Bahkan sampai ada gerobak bakso turut serta berjajar bersama masakan lain yang disajikan secara prasmanan.

Tema kuliner yang dihidangkan bisa dibilang adalah jajanan pasar. Sangat tepat bagi Anda yang rindu dengan makanan "kampung" yang hanya ditemui di pasar atau tempat-tempat tertentu. Sebut saja serabi bandung, kue pancong, gado-gado, aneka soto, pecel, rujak, dan bermacam gorengan.
gado-gado
Gado-gado. (Foto: Kompas.com/Fitri Prawitasari)

Tak tanggung-tanggung, restoran juga memajang pengolahan makanan oleh para chef. Sehingga tamu bisa sekaligus melihat proses pembuatan dan kebersihannya. Seperti pembuatan gado-gado yang ada di salah satu sudut restoran. Gado-gado dibuat dari sayuran kangkung, bayam, tempe, tahu, labu, jagung, wortel, kacang panjang, kol dan telur. Bumbunya dimasak saat itu juga oleh chef. Tamu bisa memesan tingkat kepedasan bumbu, begitu pun jika ada salah satu sayuran yang tak disuka.

Sama halnya dengan gado-gado, si sisi yang berlawanan terlihat beberapa chef sedang mengolah kudapan ringan serabi bandung dan kue putu. Perkakas dari tanah liat mendominasi alat-alat pengolahan. Bahkan untuk membuat kue putu digunakan bambu-bambu berbentuk bulat tak berbeda seperti penjual putu yang sering keliling kampung.
serabi-bandung
Serabi bandung. (Foto: Kompas.com/Fitri Prawitasari)

Hal serupa pun ditemui di sebagian besar masakan yang disajikan restoran karena memang restoran mengadopsi konsep "open kitchen" atau dapur terbuka.

Meski bertema kuliner Indonesia, jangan khawatir jika ingin menyantap kuliner jenis lain. Di beberapa stan yang ada, masih menyediakan kuliner-kuliner mancanegara seperti sushi dan dimsum.

Festival Makanan Indonesia persembahan Signature Restaurant Hotel Indonesia Kempinski digelar dari tanggal 14 Juni hingga 7 Juli 2013. Beragam pilihan jajanan pasar bisa dinikmati pada saat santap siang dan santap malam. Sebagai pendamping, alunan musik dari beberapa daerah di Indonesia juga mengiringi saat makan malam.
penjual-gado-gado
(Foto: Kompas.com/Fitri Prawitasari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.