Kompas.com - 15/07/2013, 14:36 WIB
Wisatawan menikmati pesona Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Minggu (8/1/2012). Danau Kelimutu yang menawarkan keindahan alamnya masih menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Flores. KOMPAS/HENDRA A SETYAWANWisatawan menikmati pesona Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Minggu (8/1/2012). Danau Kelimutu yang menawarkan keindahan alamnya masih menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Pulau Flores.
EditorI Made Asdhiana
ENDE, KOMPAS - Obyek wisata Danau Kelimutu di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang ditutup sejak 4 Juni 2013, Sabtu (13/7/2013) lalu dibuka kembali untuk umum. Wisatawan bisa mengunjungi danau itu seperti semula. Status Gunung Kelimutu telah diturunkan dari Waspada menjadi Normal.

Kepala Taman Nasional Kelimutu, Sri Mulyani, di Ende, Minggu (14/7/2013), mengatakan, hasil rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung yang diterimanya, Jumat lalu, menyebutkan, Gunung Kelimutu sudah normal.

”Bau belerang memang masih tercium, tetapi tak menyengat seperti awal Juni 2013. Uap air yang mendidih dan bergelembung dari dasar kawah danau pun sudah menurun,” ujarnya. Kondisi itu tak lagi membahayakan pengunjung.

Binatang di sekitar kawah gunung mulai tampak berkeliaran seperti semula. Burung, babi hutan, kadal, dan kuskus tampak di sekitar kawah danau. Pohon pakir yang sempat mengering beberapa waktu lalu mulai tampak menghijau. Kondisi tersebut menggambarkan gunung itu tidak lagi memiliki aktivitas yang membahayakan pengunjung.

Kepala Bidang Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTT, Bonafentura Rumat mengatakan, Danau Kelimutu merupakan salah satu tujuan wisata terpenting di NTT, selain Pulau Komodo di Kabupaten Manggarai Barat. Jumlah wisatawan yang mengunjungi Danau Kelimutu setiap hari sekitar 100 orang dan meningkat pada hari libur. (KOR)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X