Kompas.com - 06/08/2013, 07:45 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Mungkin tak banyak yang mengenal dengan kuliner ala Jordania. Negara yang berada di kawasan Mediterania ini, terkenal sebagai penghasil buah zaitun. Maka banyak dari masakannya menggunakan campuran minyak zaitun.

Selain itu, ragam rempah menjadi tambahan bumbu pada masakan juga menambah cita rasa kuliner Jordania. Executive Sous Chef Sailendra Restaurant Hotel JW Marriott Jakarta, Suyitno, mengatakan rempah yang banyak digunakan sebagai tambahan bumbu masakan adalah yoghurt, bawang putih, lada, bawang bombay, tomat dan lemon.

Bisa dibilang kuatnya bumbu pada masakan sangat cocok menyatu dengan lidah orang Indonesia yang juga penggemar kuliner kaya rasa. “Hidangan Jordania tidak terlalu strong seperti hidangan Arab Saudi lainnya, sehingga masih cocok dengan lidah kita. Hidangan ini juga sehat, karena kebanyakan menggunakan minyak zaitun, yoghurt, rempah-rempah serta sayuran,” ujar Suyitno.

DOK JW MARRIOTT JAKARTA Sanklish atau salad Jordan dengan ditabur keju fetta, daun oregano dan minyak.
Kuliner Jordania memang sengaja dipilih menjadi hidangan spesial Sailendra Restaurant JW Marriott Jakarta. Selain karena cita rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia, cara meracik masakan pun hampir serupa yakni mulai dari dibakar, ditumis hingga dipanggang.

Coba saja sajian Sawani yaitu daging domba yang dimasak dengan rasa cabe rawit yang kuat. Daging domba tak disajikan besar-besar melainkan dipotong kecil-kecil. Selain itu, dalam Sawani juga ditambahkan potongan jamur dan kentang.

Masih hidangan daging, disajikan Makloubeh yakni ayam panggang. Ayam panggang dihidangkan dalam seekor utuh. Bedanya, ayam panggang diberi tambahan kismis yang membuat rasa sedikit manis serta kacang-kacangan.

Beralih dari hidangan daging coba juga hidangan sehat sayuran. Sanklish atau salad Jordan yang ditabur keju fetta, daun oregano dan minyak zaitun. Keju fetta yang merupakan keju asin klasik memberikan rasa gurih sendiri pada hidangan.

DOK JW MARRIOTT JAKARTA Penari Sufi di Sailendra Restaurant JW Marriott.
Ada pula Warag Aynab yang berasal dari potongan sayur, daging dan nasi dibalut dengan daun anggur. Kuliner Jordania akan disajikan hingga 7 Agustus 2013. Sembari menikmati santapan, tamu juga akan dihibur dengan penampilan musik Marawis dan khusus di hari Jumat akan ada penampilan tari Sufi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.