Berburu Makanan Tradisional di Pesta Kuliner Nusantara

Kompas.com - 31/08/2013, 18:32 WIB
Penjual Lontong Cap Gomeh sedang meracik pesanan pembeli di Pesta Kuliner Nusantara di Parkir Timur Senayan, 30 Agustus hingga 1 September 2013. KOMPAS.COM/TRI WAHYUNIPenjual Lontong Cap Gomeh sedang meracik pesanan pembeli di Pesta Kuliner Nusantara di Parkir Timur Senayan, 30 Agustus hingga 1 September 2013.
Penulis Tri Wahyuni
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com – Pesta Kuliner Nusantara atau Indonesia Culinary (INACUL) 2013 merupakan pameran kuliner Indonesia yang digelar kedua kalinya oleh Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) yang diinisasi oleh industri dan didukung oleh Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Agenda kuliner ini diadakan di Parkir Timur Senayan sejak 30 Agustus hingga 1 September 2013.

INACUL merupakan rangkaian acara dari Indonesia Tourism and Creative Economy Fair (ITCEF). Pesta Kuliner Nusantara ini menghadirkan aneka kuliner dari industri kuliner nusantara dengan menu khas nusantara. Ada sekitar 100 stand kuliner yang menjajakan makanan andalannya.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Pengunjung Pesta Kuliner Nusantara atau INACUL meninggalkan area pameran kuliner yang digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta, 30 Agustus hingga 1 September 2013.
Mulai dari makanan ringan, kue, minuman tradisional, makanan tradisional, hingga makanan unik hasil inovasi anak negeri juga ada di pameran ini. Ada tahu tegal pletok, rendang, laksa, tahu Kok, nasi liwet, empal gentong, tengkleng, nasi jamblang, lontong cap gomeh, dan masih banyak lagi. Untuk minuman, ada minuman sehat tradisional, teh rosella, sop buah, dan berbagai minuman lainnya.

Ketua BPPI Wiryanti Sukamdani mengatakan bahwa tujuan digelarnya acara ini adalah untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia. “Masakan nusantara bisa menjadi destinasi. Jadi orang ke Indonesia salah satunya untuk tujuan kuliner,” kata Wiryanti tentang harapannya terhadap kuliner Indonesia, Sabtu (31/8/2013).

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Beberapa makanan tradisional di Pesta Kuliner Nusantara 2013 yang digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta, 30 Agustus hingga 1 September 2013.
Selain santapan khas nusantara, pameran kuliner ini juga menawarkan makanan internasional. Ada hamburger, hotdog, takoyaki, dorayaki, sushi, dan beberapa makanan internasional lainnya.

Pengunjung bisa membeli makanan untuk dimakan di tempat atau dibawa pulang. Penyelenggara telah menyediakan meja dan kursi untuk pengunjung yang ingin menyantap makanan langsung di area pameran. Untuk memasuki are pameran, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis.

KOMPAS.COM/TRI WAHYUNI Pengunjung Pesta Kuliner Nusantara 2013 atau Indonesia Culinary (INACUL) yang digelar di Parkir Timur Senayan, Jakarta, 30 Agustus hingga 1 September 2013.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X