Kompas.com - 02/10/2013, 19:26 WIB
EditorI Made Asdhiana
TUMPUKAN terasi udang warna merah muda seukuran batu bata tertata rapi di halaman, sementara sejumlah perempuan duduk santai sambil berteduh dari sengatan sinar matahari. Sambil berbincang mereka menunggu terasi yang sedang dijemur kering sebelum akhirnya mereka kumpulkan.

Mereka adalah para perempuan yang bekerja di sentra industri rumahan terasi Kecamatan Ambunten, Sumenep, Madura, Jawa Timur. Mereka biasanya bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 15 hingga 25 orang.

Setiap hari mereka bergelut dengan panas matahari untuk menjemur udang sebagai bahan baku, kemudian menjemur terasi yang sudah diproses, dan tentu saja menghirup bau menyengat yang khas dari olahan terasi.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Jemur terasi
Mereka menerima upah harian Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Terasi produksi Ambunten ini tidak hanya dijual di Madura, tetapi juga dipasarkan hingga ke luar pulau, seperti Jawa. (Raditya Helabumi)

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Perajin Terasi.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.