Pesta Rakyat Jogja Digelar 4-12 Oktober 2013

Kompas.com - 03/10/2013, 13:50 WIB
Perarakan berbagai hasil bumi memeriahkan Kirab HUT ke-180 Bantul yang antara lain melintas di Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Bantul, DI Yogyakarta, Rabu (20/7/2011). Selain memiliki upacara adat tradisional yang beragam, Bantul juga kaya akan berbagai obyek wisata alam yang menjadi salah satu sumber pemasukan utama bagi kabupaten tersebut. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Perarakan berbagai hasil bumi memeriahkan Kirab HUT ke-180 Bantul yang antara lain melintas di Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Bantul, DI Yogyakarta, Rabu (20/7/2011). Selain memiliki upacara adat tradisional yang beragam, Bantul juga kaya akan berbagai obyek wisata alam yang menjadi salah satu sumber pemasukan utama bagi kabupaten tersebut.
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-257 DI Yogyakarta, Pemerintah Daerah Yogyakarta menggelar acara meriah bertajuk Pesta Rakyat Jogja, 4-12 Oktober 2013. Acara ini akan diisi dengan rangkaian kegiatan yang berlangsung simultan dan melibatkan warga Yogyakarta.

Beberapa kegiatan pendahulu sudah dilaksanakan sejak 7 September 2013 berupa festival kesenian yang diadakan di 45 Kelurahan di Yogyakarta. Festival kesenian tersebut digelar setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu secara bergantian di 45 kelurahan.

Sementara itu, pada 4 sampai 7 Oktober 2013 akan dilaksanakan Garebeg Mall Jogja. Kegiatan yang diikuti beberapa pusat perbelanjaan di Kota Yogyakarta ini menghadirkan diskon khusus bagi pembeli yang melakukan perbelanjaan di pusat-pusat perbelanjaan tersebut.

Pada 5 Oktober 2013 seluruh masyarakat Kota Yogyakarta termasuk Wali Kota Yogyakarta akan beramai-ramai memasang umbul-umbul dan penjor sebanyak 257 titik. Pemasangan akan dilakukan di beberapa titik strategis yang telah ditentukan salah satunya di Titik Nol KM Yogyakarta.

Pada 6 Oktober 2013 pengunjung dan masyarakat Yogyakarta yang berada di sepanjang Jalan Malioboro akan dihibur panggung rakyat yang akan menampilkan berbagai potensi kesenian Yogyarta.

Panggung rakyat tersebut akan berlangsung malam hari mulai pukul 18.00 sampai 24.00 WIB. Panggung hiburan akan dimeriahkan oleh penampilan dari Opera van Java yang akan dilaksanakan pada 12 Oktober 2013 di Alun-alun Utara.

Puncak acara sendiri akan berlangsung pada 7 Oktober 2013 yang akan menggelar pawai budaya dan pisowanan agung pukul 14.00 sampai 17.30 WIB dari Taman Parkir Ngabean sampai ke Alun-alun Utara.

Kegiatan nikah massal juga akan turut meramaikan HUT DIY. Acara tersebut akan diadakan pada 10 Oktober 2013 di Titik Nol KM dengan menikahkan 50 pasang manten pada jam 14.30 hingga selesai.

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Lima abdi dalem keparak (perempuan) sambil membawa poci tanah liat Kyai Klemuk meninggalkan dapur teh istana, Patehan, untuk kembali ke Keputren Kraton sambil membawa air teh bagi Sultan HB X, Senin (15/4/2013). Kegiatan tersebut rutin dilakukan abdi dalem setiap pukul setiap 11 siang, walaupun saat Sultan sedang berada di luar Kraton sekalipun.
Sejumlah kegiatan unik juga turut meriahkan HUT DIY di antaranya pembuatan tempe sepanjang 257 meter oleh warga Desa Pandeyan. Meskipun harga kacang kedelai sedang naik namun tidak menyurutkan semangat Desa Pandeyan untuk menciptakan tempe sepanjang 257 meter yang menghabiskan setidaknya 2,3 kuintal kedelai dalam waktu empat hari.

Tidak mau ketinggalan, warga Desa Mantrijeron juga melakukan cara unik memeriahkan HUT Jogja ke-257 yaitu dengan mengibarkan 1.000 bendera Merah Putih. Pengibaran bendera dilakukan di sepanjang Jalan Mangkuyudan. Tujuannya selain memperingati Hari Jadi Yogyakarta, pengibaran 1.000 bendera tersebut sebagai bentuk nasionalisme masyarakat Desa Mantrijeron.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X