Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siap Terima Wisatawan di Labuan Bajo untuk Libur Lebaran

Kompas.com - 09/04/2024, 17:07 WIB
Nansianus Taris,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

LABUAN BAJO KOMPAS.com – Pemerintah bersama stakeholders terkait menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan yang libur lebaran 2024 ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

"Labuan Bajo sendiri sudah tiga tahun belakangan ini menjadi salah satu destinasi yang direkomendasikan untuk berlibur selama musim libur lebaran mengingat waktu libur dan cuti lebaran berlangsung selama sepekan," kata Frans Teguh, Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) saat ditemui di Labuan Bajo, Senin (8/4/2024).

"Labuan Bajo sendiri sejauh ini bukan menjadi destinasi yang dituju mudik Lebaran, melainkan untuk para wisatawan yang tidak merayakan Lebaran. Namun mengambil cuti bersamaan dengan perayaan Lebaran," kata Frans. 

Baca juga:

Libur Lebaran 2024, Pelni Labuan Bajo Sediakan 300 Tiket Gratis bagi Pemudik

Bali dan Labuan Bajo Jadi Destinasi Lokal Favorit Orang Indonesia, Versi Travel Agent

Ia mengatakan, beberapa strategi yang disiapkan tersebut antara lain dengan mendirikan posko libur Lebaran yang berada pada beberapa titik lokasi di Labuan Bajo.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Manggarai Barat, Posko Lebaran Tahun 2024 berada pada tiga titik lokasi yaitu Ruang Kedatangan Bandara Komodo yang bertugas mengupdate data jumlah penumpang.

Kemudian, ada Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo yang bertugas untuk mengupdate data jumlah penumpang dan Kapal yang berlayar di Labuan Bajo/ 

Terdapat pula posko di Terminal Multipurpose Wae Kelambu Pelindo yang bertugas mendata jumlah kapal logistik selama libur lebaran.

"Pada titik-titik posko ini juga disediakan update harian tentang informasi terkait cuaca dari BMKG," katanya.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com