Kompas.com - 14/12/2013, 20:19 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DONGGALA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu bersama Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola melakukan penandatanganan prasati pencanangan Desa Wisata di Tanjung Karang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Desa Wisata, menurut Longki, menjadi salah satu wadah kreatif meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa yang sebagian besar adalah nelayan.

"Menetapkan Tanjung Karang yang ada di Kelurahan Labuan Bajo menjadi desa wisata di kawasan pesisir. Desa wisata ini dinilai menjadi salah satu peningkatan kesejahteraan hidup nelayan," kata Longki saat sambutan di Anjungan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Sabtu (14/12/2013).

Pada kesempatan yang sama Menparekraf mengatakan, desa wisata Tanjung Karang benar-benar menjadi perpaduan industri kreatif dan pariwisata. Di tempat tersebut, telah dilakukan pengembangan kelompok kuliner juga kerajinan.

"Banyak tempat di Tanjung Karang berada di pesisir laut yang sangat layak dijadikan desa wisata. Setahu saya di sana telah dilakukan pengembangan kelompok kuliner antara lain menghasilkan abon ikan dan ikan bakar. Juga pengembangan kerajinan cenderamata," kata Mari.

Setelah adanya kelompok kuliner dan kerajinan, lanjut Mari, nantinya akan diadakan sarana pendukung obyek wisata diantaranya penyediaan fasilitas alat selam. "Itu semua yang jadi potensi wisata bahari dan wisata selam yang ada di daerah ini (Tanjung Karang)," imbuh Mari.

Dalam pencanangan desa wisata tersebut, Kemenparekraf juga memberikan bantuan kepada Kelompok Wisata Tanjung Karang berupa 4 unit kapal kaca, 1 unit alat diving, serta 10 set alat kebersihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.