Kompas.com - 23/12/2013, 17:02 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Hotel JW Marriott Jakarta menawarkan minuman Natal paling khas bernama Glühwein. Terkenal juga sebagai Mulled-Wine atau Glow Wine. "Kami mencoba memperkenalkan minuman yang tenar di kalangan orang Eropa ini kepada masyarakat Indonesia,” kata Paul Gert, Director of Food and Beverage Hotel JW Marriott Jakarta, Jumat (20/12/2013) lalu.

Menurut Paul, anggur merah, kayu manis, lemon, cengkeh, adas dan gula merupakan bahan utama pembuatan minuman eksotis ini. Rempah-rempah dicampur dengan sedikit air dan dimasak terlebih dahulu untuk mengeluarkan aromanya. Selanjutnya anggur merah atau yang biasa disebut red wine dituangkan ke dalam cairan rempah yang sudah matang tersebut.

"Campuran keduanya dihangatkan dalam suhu sedang sehingga kandungan alkohol dalam wine tidak menguap seluruhnya. Untuk mencicipi minuman ini, Anda tidak menggunakan gelas wine seperti biasa, melainkan menggunakan cangkir layaknya kopi, mengingat penyajiannya dihidangkan panas dan dicicipi sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok teh," ujar Paul.

Berasal dari daratan Eropa, Glühwein merupakan salah satu minuman khas Jerman dan Austria yang juga terkenal di negara lain dengan nama yang berbeda. Di Perancis misalnya, minuman dengan warna kecokelatan yang nikmat diminum saat keadaan dingin disebut dengan Vin Chaud, kemudian di Inggris dikenal dengan sebutan Mulled Wine, dan di Italia disebut dengan Vin Brule. "Rasa hangat, manis dan lembut dari minuman beralkohol ini layak Anda coba selama musim liburan Natal dan Tahun Baru," katanya.

Glühwein bisa Anda nikmati di JW Marriott Hotel Jakarta selama bulan Desember di semua outlet, yakni di Sailendra Restaurant, Pearl Chinese Restaurant, Asuka Japanese Restaurant dan Blu Martini dengan harga Rp 120.000++ per gelas. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.