Kompas.com - 01/03/2014, 09:35 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KOMPAS.com - Batu-batu raksasa memenuhi bibir pantai. Melangkah dari area parkiran, tak nyaris tampak air laut karena tertutupi batu-batu granit berukuran besar. Tak tanggung-tanggung, sebagian besar bebatuan seukuran rumah dua lantai.

Berjalan menyusuri sela-sela bebatuan dan air laut mulai menampilkan diri. Birunya lautan dapat terlihat jelas. Gradasi warna kehijauan menuju biru, menandakan bibir pantai yang dangkal hingga nyaris beberapa meter ke tengah laut.

Inilah Pantai Tanjung Tinggi yang dikenal sebagai pantai Laskar Pelangi. Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini menjadi lokasi shooting film "Laskar Pelangi" yang sempat tenar beberapa tahun lalu. Sangat mudah mengenali pantai ini karena batu-batu raksasa.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F.Pantai Tanjung Tinggi di Belitung.
Panjatlah salah satu batu dan lihat panorama keseluruhan pantai dari ketinggian. Laut sejauh mata memandang. Jika berani, panjatlah batu tertinggi. Sebagian besar bebatuan saling berdekatan. Sehingga Anda bisa berjalan dari satu batu raksasa ke batu raksasa lainnya.

Di musim kemarau seperti bulan Mei hingga Juli, air laut menjadi begitu hangat. Pasir putih yang bersih berpadu dengan air laut bening yang dangkal, menjadikan pantai ini cocok sebagai tempat berenang untuk semua kalangan termasuk anak-anak.

Di area pantai ini juga tersedia warung makan yang menyajikan ikan bakar. Selain itu terdapat pula fasilitas kamar mandi umum. Sementara untuk penginapan, Anda bisa bermalam di hotel di kawasan Tanjung Pandan, ibu kota Belitung. Dari Tanjung Pandan menuju Pantai Tanjung Tinggi memakan waktu setengah jam dengan mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.