Kompas.com - 30/04/2014, 14:40 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Lebaran masih sekitar tiga bulan lagi, namun persiapan mudik tampaknya sudah dilakukan banyak orang sejak dini. Pemesanan tiket untuk sejumlah moda transportasi pun sudah dilakukan, khususnya untuk mereka yang berencana bepergian jauh selama libur Lebaran 2014.

Berdasarkan data pembelian tiket pesawat dari Traveloka.com, tren pemesanan tiket untuk libur Lebaran sudah dimulai sejak awal tahun 2014. Tren ini juga didukung oleh sejumlah maskapai penerbangan yang memberikan promo khusus, serta diadakannya sejumlah travel fair di kuartal pertama 2014.

"Hal-hal tersebut memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanannya sejak dini dan mereka pun seakan 'didesak' untuk segera membeli tiket dengan tawaran harga yang menarik," ungkap Head of Communications Traveloka.com, Lucas Suryanata, seperti terungkap dalam siaran pers yang diterima Kompas Travel, Kamis (29/4/2014).

Saat ini, sekitar 3 bulan sebelum Lebaran, penjualan tiket pesawat via Traveloka.com untuk periode libur Lebaran 2014 atau H-3 hingga H+3 Lebaran, naik sekitar 400% dibandingkan jumlah tiket yang yang terjual pada periode libur Lebaran tahun lalu.

Kota-kota besar di Indonesia memang menjadi destinasi utama para pemudik Lebaran. Jakarta-Surabaya merupakan rute dengan pembelian tiket tertinggi. Kemudian diikuti oleh Jakarta-Medan, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Denpasar, dan Jakarta-Padang.

Berdasarkan tanggal keberangkatan yang dipilih oleh konsumen Traveloka.com, arus mudik diperkirakan akan mengalami kenaikan mulai 24 Juli 2014 dengan puncak arus mudik pada 26 Juli 2014. Arus balik sendiri akan dimulai pada 1 Agustus 2014 dengan puncaknya pada 3 Agustus 2014.

TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI Sejumlah wartawan media cetak dan elektronik peserta XL Media Gathering melakukan city tour dengan mengarungi Sungai Kallang di kawasan Marina Bay, Singapura, Sabtu (9/2/2013).
Momen libur panjang saat Lebaran juga dijadikan kesempatan oleh sejumlah orang untuk pergi berlibur ke negara lain. Situs Traveloka.com mencatat perubahan tren tujuan liburan dibandingkan tahun 2013.  Selain Singapura dan Kuala Lumpur yang selalu menjadi destinasi favorit, tahun ini wisatawan Indonesia semakin banyak melirik destinasi lain di Asia Timur.

Penjualan tiket ke Seoul, Korea Selatan, merupakan yang tertinggi ketiga untuk perjalanan internasional selama libur Lebaran 2014, setelah Singapura dan Kuala Lumpur. Selain ketiga kota tersebut, Bangkok juga menjadi destinasi internasional favorit untuk libur Lebaran 2014.

Selama libur Lebaran 2014, pembelian tiket pesawat baik untuk perjalanan domestik maupun internasional diprediksi akan terus berlanjut hingga sekitar 2 minggu sebelum Lebaran. Walaupun konsumen Indonesia cenderung melakukan pemesanan tiket pesawat secara dini, pemesanan tiket untuk keberangkatan segera (immediate travel) selama libur Lebaran akan tetap ada namun dengan jumlah yang relatif kecil, mengingat harga tiket yang akan melambung tinggi khususnya pada periode H-3 sampai H+3 Lebaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.