Kompas.com - 29/06/2014, 13:18 WIB
Gunung Wilis ARSIP INDONESIA.TRAVELGunung Wilis
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi pariwisata dan ekonomi dari Gunung Wilis akan digarap oleh 6 kabupaten sekaligus, yaitu: Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Nganjuk, Kediri dan Madiun. Kerja sama ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Menurut Soekarwo, jika potensi Gunung Wilis dikelola dengan optimal, kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan kesenjangan antardaerah akan berkurang. Langkah selanjutnya dari kerja sama ini, pemerintah daerah dari 6 kabupaten tersebut akan melakukan pemetaan dan mencari tahun potensi di masing-masing daerah.

"Kalau memiliki potensi pertanian maka dibuatkan perencanaan dan bantuan yang cocok untuk mengembangkan pertanian, demikian juga potensi lainnya," lanjut Soekarwo.

Selain itu, Gubenur Jawa Timur tersebut juga mengimbau bahwa dalam pembangunan, ada tiga konsep yang harus diperhatikan: konsep kewilayahan, sektoral, dan kelompok bawah. Jika konsep dibuat dan dilaksanakan dengan rapi, niscaya pengelolaan Gunung Wilis dapat diselesaikan dengan lancar.

Hal lain seperti infrastruktur, jalan, jembatan rusak, masalah saluran air, irigasi dan fasilitas umum lainnya juga perlu diperbaiki agar masyarakat tidak merasa terisolasi.

Gunung Wilis merupakan gunung non-aktif yang memiliki tinggi 2.552 meter di atas permukaan laut (mdpl), puncaknya berada di 6 kabupaten sekaligus. Potensi paling besar dari Gunung Wilis adalah air terjun. Ada dua jalur bagi yang Anda ingin mendakinya, yaitu melalui Mojo di Kabupaten Kediri dan melalui Kecamatan Sendang di Kabupaten Tulungagung.

Destinasi ini juga memiliki nilai sejarah, di mana Jenderal Besar Sudirman dikatakan pernah melalui perbukitan Gunung Wilis untuk melakukan Serangan 11 Maret ke Yogyakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.