Tips Liburan Hemat di Singapura

Kompas.com - 17/08/2014, 10:09 WIB
Sejumlah wartawan media cetak dan elektronik peserta XL Media Gathering melakukan city tour dengan mengarungi Sungai Kallang di kawasan Marina Bay, Singapura, Sabtu (9/2/2013). TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI Sejumlah wartawan media cetak dan elektronik peserta XL Media Gathering melakukan city tour dengan mengarungi Sungai Kallang di kawasan Marina Bay, Singapura, Sabtu (9/2/2013).
|
EditorI Made Asdhiana

 

KOMPAS.com - Bagi masyarakat Indonesia, Singapura ibaratnya destinasi sejuta umat. Selain dekat, Singapura sangat mengerti bagaimana memanjakan wisatawan yang datang. Pentingnya lagi, kita bisa belajar tentang tata kelola pelayanan publik yang baik, misalnya saja sistem transportasi dan informasi yang baik.  

Kendala liburan ke Singapura adalah biaya hidup yang mahal. Maklum, negara yang dahulunya disebut Temasek ini termasuk kota termahal di dunia. Namun, ada beberapa cara agar biaya liburan ke Singapura tidak terlalu mahal. Berikut beberapa tips untuk menekan bujet liburan ke Singapura.

1. Kartu Turis Singapura atau Singapore Tourist Pass (STP)

STP adalah kartu khusus bagi para turis yang digunakan untuk transportasi umum di Singapura yaitu bus dan kereta api dalam kota atau LRT (The Light Right Transit). STP bisa digunakan bebas berapa kali sesuai masa berlakunya.

Masa berlaku STP ada yang 1 hari, 2 hari dan 3 hari. Turis bisa membeli sesuai kebutuhan. Untungnya lagi, uang deposit saat membeli STP bisa diambil kembali saat pulang atau istilahnya refund.

KOMPAS.COM/NICKY AULIA WIDADIO Esplanade Park, salah satu spot sepi untuk menikmati landmark Singapura.

Bandingkan bila harus membeli kartu LRT biasa, harga kartunya saja 10 dollar Singapura tanpa bisa dikembalikan.  Jarak 1-2 stasiun harganya tiketnya kisaran 1dollar Singapura sampai 2 dollar Singapura. STP  yang 1 hari harganya 10 dollar Singapura, 2 hari 16 dollar Singapura, dan 3 hari 20 dollar Singapura dengan deposit 10 dollar Singapura dan bebas dipakai berkali–kali sesuka kita. Tanpa terasa, kita bisa menghemat kisaran 20 dollar Singapura sampai 30 dollar Singapura per hari.

STP bisa dibeli di banyak tempat tapi paling mudah adalah di Bandara Changi. Jika bingung, carilah meja informasi atau Pusat Informasi Turis (Tourism Information Centre). Di sana akan banyak informasi bagi para turis. Brosur turis dan peta kota Singapura pun ada yang berbahasa Indonesia.

2. Belanja di Pasar Bugis

Belanja? Pasti. Apalagi oleh–oleh, tidak cukup cuma beli sedikit.  Pasar Bugis adalah tempat yang tepat belanja oleh–oleh di Singapura.  Bukan hanya murah tetapi juga banyak pilihan. Kita bisa beli oleh–oleh yang umum seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, dan pulpen mulai harga 1dollar Singapura sampai 10 dollar Singapura.

KOMPAS.COM/NICKY AULIA WIDADIO Merlion, Singapura.

Ada juga yang lebih bagus seperti hiasan dinding atau hiasan meja kisaran 10 dollar Singapura sampai 30 dollar Singapura. Termasuk makanan ringan, minyak wangi, kaos, sampai pernak-pernik fashion semua ada di Pasar Bugis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X