Kompas.com - 25/08/2014, 16:14 WIB
EditorI Made Asdhiana
MAGELANG, KOMPAS — Sebanyak 33 pentas kesenian melibatkan ratusan seniman memeriahkan Festival Lima Gunung XIII yang digelar selama dua hari, Sabtu (23/8/2014) hingga Minggu (24/8/2014), di Dusun Warangan, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Selain dari Kota dan Kabupaten Magelang, mereka yang tampil juga berdatangan dari daerah lain, seperti Malang, Kediri, Kendal, Surabaya, Solo, dan Yogyakarta.

Festival Lima Gunung (FLG) adalah acara tahunan yang diselenggarakan seniman dalam Komunitas Lima Gunung (KLG). Lima gunung dipakai sebagai nama kelompok untuk menggambarkan tempat mereka tinggal di lereng Sumbing, Menoreh, Merbabu, Merapi, dan Andong.

Ketua KLG Supadi Haryanto mengatakan, FLG pada prinsipnya terbuka kepada siapa dan kelompok kesenian mana pun yang ingin bergabung. ”Kami menerima siapa saja yang ingin bergabung asalkan menerima konsekuensi tidak menerima honor dan siap menanggung biaya akomodasi sendiri,” ujarnya, Sabtu.

Dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Joko Aswoyo, mengatakan, mahasiswa dan alumni ISI juga ikut terlibat memainkan pentas bertajuk ”Harajukunan Trethek Truntung” berkolaborasi dengan seniman asal Dusun Warangan, Handoko.

Sutanto Mendut, budayawan sekaligus Presiden KLG, mengatakan, hubungan pertemanan yang sangat dekat, antarseniman, wartawan, dan tokoh lain membuat FLG mampu bertahan, berlangsung hingga tahun ke-13. (EGI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.