Kompas.com - 01/09/2014, 08:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar pukul 7 malam, lagu keroncong “Sepasang Mata Bola” karya Ismail Marzuki melantun di teras kolam renang Hotel Santika Jakarta. Para tamu saling berbaur satu sama lain termasuk tamu asing. Mereka menikmati malam sambil berpetualang dengan berbagai hidangan khas nusantara yang disajikan. Suasana malam itu memang berbeda dari hari biasanya. Lampion dan berbagai ornamen warna merah dan putih menghiasi ruangan terbuka.

Hotel Santika yang terletak di Jalan KS. Tubun, Jakarta, ini menggelar Festival Merah Putih sebagai rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu yang spesial adalah pemotongan Tumpeng Merah Putih. Tumpeng ini sengaja dibuat sebagai simbol hari kemerdekaan. Jumlah tingkatan tumpengnya terdiri dari 8 tingkat dan dikelilingi tumpeng-tumpeng kecil sejumlah 17 tumpeng. Angka ini sebagai simbol tanggal kemerdekaan. Warna nasinya juga dibikin berwana merah putih.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Tamu asing menikmati Festival Merah Putih di Hotel Santika Jakarta.

Makanan yang disajikan adalah makanan khas Indonesia seperti Coto Makassar, Soto Ayam, Sate, Nasi Goreng Kampung, dan berbagai gorengan. Tak ketinggalan aneka jajanan pasar. Ada juga Kerak Telor yang dimasak sesuai dengan cara aslinya yaitu dengan kompor arang.

Saat Kompas.com mencicipi makanan yang disediakan, yang paling berkesan adalah Nasi Goreng Kampung dan Kerak Telor. Rasa nasi goreng ini mirip dengan nasi goreng abang gerobak keliling yang banyak ditemui kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bumbu inti nasi goreng ini tak takut memberikan aroma dan rasa yang lumayan tajam. Apalagi gorengnya  tidak massal melainkan dimasak sesuai pesanan jadi disajikan selagi hangat.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Suasana Festival Merah Putih di Hotel Santika Jakarta.

Serunya lagi, panitia hotel menggelar lomba agustusan seperti lomba makan kerupuk, lari kelereng, dan paku botol. Hadiahnya juga tak tanggung–tanggung, menginap di kamar hotel dengan gratis. Wah asik sekali kan?

Perayaan kemerdekaan memang pesta rakyat yang tak kenal kelas, umur, dan tempat. Di mana saja agustusan selalu meriah termasuk di tempat mewah seperti Hotel Santika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.