Kompas.com - 10/09/2014, 09:18 WIB
Puncak acara Festival Danau Sentani ke-7, 2014, sebagaimana festival sebelumnya, berupa pemaparan tari-tarian peragaan upacara-upacara adat. Tarian umumnya mengambarkan kegiatan rumah tangga adat, yakni berburu, menjala ikan, dan bersyukur pada Sang Pencipta KOMPAS/DODY WISNU PRIBADIPuncak acara Festival Danau Sentani ke-7, 2014, sebagaimana festival sebelumnya, berupa pemaparan tari-tarian peragaan upacara-upacara adat. Tarian umumnya mengambarkan kegiatan rumah tangga adat, yakni berburu, menjala ikan, dan bersyukur pada Sang Pencipta
EditorI Made Asdhiana
JAYAPURA, KOMPAS.com - Sekitar 50 kawasan potensi wisata di Kota Jayapura, Provinsi Papua belum digarap. "Ada sekitar 50 kawasan potensi wisata yang belum dikembangkan. Potensi wisata itu di antaranya potensi wisata bahari, hutan lindung, dan potensi wisata kawasan hutan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Bernard Fingkreuw di Jayapura, Selasa (9/9/2014).

Potensi wisata teluk di Jayapura juga belum dikelola secara baik. "Teluk Youtefa Abepura misalnya ada sekitar 25 potensi wisata yang belum digarap, belum lagi hutannya seperti kawasan hutan di Gunung Cyloop," ujarnya.

Potensi wilayah kawasan pantai juga belum dikelola. "Kami baru kelola dua pantai yakni Pantai Hamadi, Pantai Base'G dan Pantai Holtekamp," katanya.

Menurut Bernard, sebenarnya pihaknya bukan tidak mau mengelola potensi itu namun kekurangan biaya. "Kita butuh bantuan dari pihak swasta untuk kembangkan," ujarnya.

Meski demikian, lanjut Bernard, pihaknya tidak tinggal diam. "Kami sementara lakukan berbagai upaya untuk kembangkan potensi wisata itu," ujarnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura berupaya mendata puluhan kawasan tersebut dan dimasukkan dalam program Badan Perencanaan Daerah Kota Jayapura. "Kami akan upayakan untuk sebagian kawasan wisata," ujarnya.

Dia berharap, semua pihak mendukung pengembangan potensi wisata yang ada. "Semua pihak diharapkan turut berpartisipasi mengembangkan obyek wisata tersebut," ujarnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Antara
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.