Pariwisata Indonesia dalam Bingkai Fotografi

Kompas.com - 12/10/2014, 17:13 WIB
Peserta Kongres Fotografi Indoesia berfoto dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu Dokumentasi KemenparekrafPeserta Kongres Fotografi Indoesia berfoto dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com- Perkembangan teknologi fotografi digital serta penggunaan internet mendorong masyarakat semakin menyukai kegiatan di bidang fotografi. Kebiasaan ini berdampak untuk kemajuan pariwisata di Indonesia.

"Dalam kehidupan sehari-hari kita hampir tak lepas dari kegiatan fotografi. Dampaknya tentu saja terasa untuk ekonomi kreatif dan otomatis termasuk peningkatan di bidang pariwisata," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam pembukaan Kongres Fotografi Indonesia, Jumat (10/10/2014).

Penggunaan internet yang semakin mudah dan dinilai murah dapat menjadi wadah para penyuka fotografi untuk berbagi karya dengan cepat. "Karya fotografi yang disebar melalu sosial media pergerakannya mirip citizen journalism yang menjadi karya yang mengedepankan kepekaan mereka (fotografer) dalam melihat situasi. Alatnya pun mudah, telepon genggam saat ini sudah memiliki kamera, sehingga memudahkan mereka yang akan berbagi di media sosial," ujar Mari.

Dalam dunia fotografi yang kerap dibagi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori.  "Kita bisa lihat, karya fotografinya masuk ke dalam kategori yang mana, wisata, budaya, kuliner atau apa. Sehingga masing-masing otomatis dapat mengangkat nilai terutama di bidang pariwisata," sambungnya.

Menparekraf juga menyebutkan, ada sinergi antara fotografi, internet dan pariwisata. Yaitu ketika karya fotografi pariwisata yang disebar melalui internet dan mulai dikenal, selain dapat mengangkat tempat wisata tersebut juga akan membuat fotografi lebih bernilai.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X