Inikah Maskapai Paling Tidak Aman di Dunia?

Kompas.com - 12/01/2015, 16:16 WIB
ILUSTRASI - Kabin pesawat ShutterstockILUSTRASI - Kabin pesawat
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Maskapai yang memiliki rekor kecelakaan hingga melibatkan kematian penumpang dan/atau awak kabin, secara otomatis akan mendapatkan pengurangan satu bintang. Sehingga menandakan peringkat keamanan yang rendah. Hal ini merupakan sistem penilaian dari situs AirlineRating.com yang baru-baru ini mengeluarkan daftar maskapai teraman di dunia dan maskapai paling tidak aman di dunia.

“Insiden yang menyebabkan kematian akan menerima deduksi satu bintang yang harus dibawa untuk 10 tahun lamanya sejak dari tanggal insiden,” demikian ungkap situs AirlineRating.com di bagian halaman yang menjelaskan mengenai sistem penilaian.

Sistem penilaian AirlineRatings.com memperhitungkan audit dari otoritas penerbangan, asosiasi, audit pemerintah, dan catatan rekor keselamatan dari setiap maskapai. AirlineRatings.com juga memeriksa sejarah operasional, rekor kejadian, dan keunggulan operasional. Dari 449 maskapai yang dimonitor, hanya 149 yang mendapatkan bintang tujuh dalam hal keamanan.

Dari 449 maskapai yang disurvei oleh AirlineRating.com, hanya sekitar 50 maskapai yang memiliki 3 bintang atau kurang. Empat maskapai hanya mendapatkan satu bintang untuk keamanan.

Dua maskapai berasal dari Nepal yaitu Tara Air dan Nepal Airlines. Sementara dua maskapai lainnya adalah Scat Airlines dari Kazakstan dan Kam Air dari Afganistan.

Keempat maskapai ini masuk dalam daftar maskapai yang dilarang masuk ke negara-negara Uni Eropa. Sementara Amerika Serikat tidak membuat daftar maskapai yang terlarang masuk negara tersebut. Amerika Serikat memberlakukan daftar negara yang dinilai tidak memenuhi standar keselamatan penerbangan internasional (International Aviation Safety Standard).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNN Travel
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X