Kompas.com - 30/03/2015, 17:08 WIB
EditorNi Luh Made Pertiwi F

KOMPAS.com - Berkembangnya media sosial saat ini, memunculkan tren selfie, lengkap dengan tongkat selfie (di Indonesia dikenal dengan nama tongsis). Meskipun begitu, ada juga tempat-tempat yang melarang selfie!

The Palace Museum, Beijing

The Palace Museum atau yang dikenal dengan Forbidden City, merupakan obyek wisata yang cukup populer di Beijing. Namun, bangunannya juga cukup “rapuh”. Karena alasan itulah, pemerintah Tiongkok menempelkan larangan selfie di sana. Berpose di The Palace Museum beresiko merusak barang antik di dalam museum, apalagi ketika pengunjungnya ramai. Direktur museum mengatakan, larangan tersebut bersifat memaksa. “Staf kami akan menghentikan pengunjung yang menggunakan gadget-nya untuk selfie,” katanya.

Danau Tahoe, Amerika Serikat

Petugas di Danau Tahoe, meminta pengunjung untuk tidak mengambil gambar beruang yang ada di sana, apalagi foto selfie dengan latar belakang beruang. Pelarangan ini terkait dengan isu keamanan.

Museum Van Gogh, Amsterdam

Salah satu dari tempat yang melarang selfie adalah Museum Van Gogh. Museum ini memang memiliki hubungan yang tidak baik dengan media sosial dan fotografi. Pelarangan pada fotografi dilakukan sejak Mei 2013. “Museum Van Gogh salah satu tempat wisata populer di Amsterdam. Ada ketegangan antara mereka yang ingin memotret dan mereka yang memang ingin benar-benar menikmati lukisan saja,” kata pihak museum.

(Sumber: Huffingtonpost.com/Gita Laras Widyaningrum)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.