Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelesir ke Yogyakarta, Cicipi Nikmatnya Bakmi Jawa Pak Pele

Kompas.com - 18/05/2015, 10:33 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Makanan khas Yogyakarta, semisal gudeg, merupakan salah satu kuliner yang banyak dicari wisatawan ketika berkunjung ke Kota Pelajar ini. Namun, jangan lupakan pula ragam kuliner lain yang juga tak kalah menariknya.

Satu di antaranya adalah masakan bakmi atau mi. Di Yogyakarta, kuliner ini biasa dikenal dengan sebutan Bakmi Jawa. Dari sekian banyak pedagang bakmi Jawa yang ada di Yogyakarta, satu diantaranya yang cukup terkenal adalah Bakwi Jawa Pak Pele.

Lokasi bakmi jawa ini sangat mudah ditemui yakni di pojok timur bagian selatan Alun-alun Utara Yogyakarta, atau tepatnya di depan SD Keputran. Warung Bakmi Pele ini mulai buka dari pukul 17.30 sampai malam hari.

TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Bakmi Jawa Pak Pele berada di pojok timur bagian selatan Alun-alun Utara Yogyakarta, atau tepatnya di depan SD Keputran. Warung Bakmi Pele ini mulai buka dari pukul 17.30 sampai malam hari.
Beragam menu dapat anda nikmati di warung bakmi yang dimiliki oleh mantan pemain sepakbola tersebut, seperti bakmi goreng, bakmi ‘godog’ (rebus), bakmi nyemek (kuahnya lebih sedikit dari bakmi rebus), nasi goreng, dan magelangan (nasi goreng yang dicampur bakmi). Sama seperti kebanyakan bakmi jawa, terdapat dua jenis bakmi yakni bakmi kuning dan bihun.

Untuk menu bakmi, baik godok maupun goreng, bakmi dimasak bersama dengan potongan daging ayam kampung, telur, irisan kol. Rasa gurih dari kaldu ayam yang digunakan dalam proses pemasakan menjadikan cita rasa bakmi Pak Pela semakin nikmat.

Salah satu yang spesial dari Bakmi Pak Pele adalah penggunaan telur bebek yang semakin membuat masakan semakin gurih. Pengunjung bisa memilih menggunakan bakmi kuning atau bihun dalam hidangan yang dipesan. Dalam penyajian biasa, bakmi jawa dimasak dengan campuran bakmi kuning dan bihun.

TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Bakmi Jawa Pak Pele berada di pojok timur bagian selatan Alun-alun Utara Yogyakarta, atau tepatnya di depan SD Keputran.
Dikatakannya, cita rasa bakmi godog di Bakmi Pak Pela sangat nikmat. "Saya mendefinisikannya nikmat. Bumbu yang digunakan sederhana tapi rasanya sangat nikmat. Sebelumnya saya pernah mencoba bakmi jawa di Jakarta, tetapi rasanya sangat berbeda," ujarnya Sabtu (16/5/2015).

Sehari sebelumnya, Budi juga telah datang ke warung bakmi tersebut, karena rasanya yang nikmat dihari selanjutnya dia kembali datang. Lebih lanjut dia mengatakan, anaknya yang selama ini alergi MSG tidak masalah ketika makan di warung bakmi Pak Pele.

Harga semua makanan yang ada di warung bakmi yang terletak di JL. Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut adalah sebesar Rp 19.000.

TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Bakmi Jawa Pak Pele berada di pojok timur bagian selatan Alun-alun Utara Yogyakarta, atau tepatnya di depan SD Keputran.
Sedang untuk minuman teh, jeruk, wedang tape baik dingin maupun hangat harganya Rp 3.000, sedangkan untuk wedang ronde harganya Rp 5.000.

Jika anda ingin mencoba sensasi masakan Warung Bakmi Pak Pele sebaiknya jangan datang terlalu malam jika tidak ingin kehabisan. Pengunjung yang banyak juga mengharuskan anda bersabar untuk menikmati beragam menu yang ditawarkan. (Hamim Thohari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com