6 Fakta tentang Susu - Kompas.com

6 Fakta tentang Susu

Kompas.com - 21/06/2015, 15:26 WIB
Foxnews Ilustrasi minum susu

KOMPAS.com - Susu mengandungberbagai vitamin dan nutrisi yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan kalsiumnya yang baik untuk kesehatan tulang. Karena itu, banyak orang beranggpan bahwa susu penting untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun, konsumsi susu tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Berikut beberapa fakta tentang susu

1. Susu membantu pemulihan kondisi tubuh setelah sakit

Susu dapat membantu pemulihan pasca sakit karena mengandung protein, kalsium, dan fosfor. Protein dalam susu dapat membentuk sel atau jaringan baru, sehingga membantu proses pemulihan. 

2. Minum susu sebelum tidur membuat tidur lebih nyenyak

Hormon yang dibutuhkan untuk membuat tidur tenang. Asam amino ini akan memicu atau menginduksi tidur dengan menaikan serotonin. Hormon serotonin berperan penting untuk membuat orang rileks dan tidur pada malam hari. Tetapi akan membuat terjaga penuh pada siang hari.

3. Minum obat tidak boleh dengan susu

Susu mengurangi absorbsi antibiotik dalam tubuh, sehingga menghambat penyerapan tubuh terhadap komponen tertentu di dalam obat, misalnya zat besi. Beberapa obat seperti antibiotik mengandung tetrasiklik yang bereaksi dengan susu. Contoh lain, kandungan kalsium dalam susu dapat mengganggu efektivitas obat tiroid.

4. Susu membuat gigi rusak

Konsumsi susu apalagi di malam hari dapat merusak gigi. Kenapa? Karena saat tidur terutama malam hari, produksi saliva atau air liur secara otomatis berkurang. Nah, berkurangnya saliva inilah yang menjadi sarana bagi kuman di mulut berkembang dan mengubah susu menjadi asam. Asam ini yang menjadi awal pemicu terbentuknya lubang/karies gigi.

5. Susu menyebabkan diare

Bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa, bila mengonsumsi susu yang mengandung laktosa memang dapat menyebabkan diare. Untuk orang yang mengalami hal ini, dapat memilih susu yang tak mengandung laktosa, misalnya susu kedelai.

6. Susu membuat kulit halus

Susu mengandung vitamin A dan D yang membantu membuat kulit halus dan sehat. Selain itu, mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan tembaga dalam susu dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan sel kulit. Protein dan zat besi pada susu dapat memperlambat proses penuaan, asam laktat pada susu berperan melembapkan kulit dan mendorong tumbuhnya sel kulit baru yang sehat.


EditorBestari Kumala Dewi
Komentar

Close Ads X